Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pegunungan Arfak Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPKP Palangka Raya Berhasil Budidaya Padi Serindit

  • Oleh Hendri
  • 24 Januari 2024 - 11:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Palangka Raya, berhasil mengembangkan tanaman padi Serindit. Padi ini ditanam di lahan kosong belakang kantor dinas DPKP.

Padi Serindit merupakan varietas padi lokal yang memiliki ciri khas warna merah pada bulirnya. Padi ini juga tahan terhadap hama dan penyakit, serta mampu beradaptasi dengan kondisi lahan gambut.

Menurut Kepala DPKP Palangka Raya, Sugiyanto, padi ini akan dipanen dalam beberapa bulan lagi, saat ini sudah muncul buah atau biji padi tersebut.

"Kami berharap padi Serindit ini dapat menjadi alternatif pangan bagi masyarakat, khususnya yang tinggal di daerah gambut," katanya, Rabu, 24 Januari 2024.

Sugiyanto menambahkan, padi Serindit ini juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi, karena dapat diolah menjadi berbagai produk olahan, seperti tepung, dodol, kue dan lain-lain.

"Padi Serindit ini juga memiliki kandungan gizi yang baik, seperti protein, karbohidrat, vitamin dan mineral," tuturnya.

DPKP Palangka Raya berencana untuk memperluas lahan tanam padi Serindit, serta memberikan bantuan bibit dan pupuk kepada petani yang tertarik untuk menanamnya.

"Kami berharap padi Serindit ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani, serta menjaga ketahanan pangan di Kota Palangka Raya," pungkasnya. (HENDRI/H)

Berita Terbaru