Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Minta Masyarakat Waspada Ketika Diimingi Bekerja di Luar Negeri

  • Oleh Donny Damara
  • 01 Februari 2024 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Siti Nafsiah meminta kepada masyarakat khususnya di Kalteng supaya dapat senantiasa waspada ketika diimingi bekerja diluar negeri.

Terlebih lagi bagi para kaum perempuan, sebab apabila tidak waspada dan hati-hati terhadap tawaran oknum-oknum tidak bertanggung jawab bisa saja itu modus tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

"Yang pasti ketika hendak menjadi pekerja diluar negeri atau migran pastikan bahwa masyarakat mendaftar secara resmi dengan ketentuan yang berlaku sesuai undang-undang," katanya, Kamis, 1 Februari 2024.

Nafsiah mengungkapkan, saat ini ada banyak kasus perdagangan orang secara umum di Indonesia, sehingga hal itu harus dapat diwaspadai dan masyarakat jangan mudah percaya dengan tawaran apapun.

"Apalagi menawarkan gaji tinggi, tapi jalurnya tidak resmi itu sangat berbahaya. Jika ingin menjadi pekerja migran memang harus melalui jalur resmi untuk memastikan keamanan diri dan dilindungi undang-undang," ujarnya.

Selain itu, ia pun mengharapkan ada upaya dari pemerintah untuk mencegah terjadinya TPPO seperti melakukan sosialisasi serta mengingatkan masyarakat untuk mendaftar secara resmi ketika hendak bekerja diluar negeri.

"Peran pemerintah sangat diharapkan dalam upaya mencegah tindak pidana tersebut, apalagi terhadap masyarakat kalangan ekonomi bawah, itu sangat rentan, dan sekali lagi kami ingatkan masyarakat juga harus tetap waspada," pungkasnya. (DONNY D)

Berita Terbaru