Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tanjung Balai Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jangan Salah, Begini Tata Cara Coblos Calon Pilihan Pemilu 2024

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 05 Februari 2024 - 14:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Komisioner KPU Provinsi Kalteng, Tity Yukrisna mengingatkan pentingnya mencoblos dengan benar agar suara yang diberikan dapat diakui.

"Agar suara anda sah dan terhitung dalam penghitungan suara, ada tata cara pencoblosan surat suara yang harus diikuti," sebut Tity dalam keterangannya, Minggu, 4 Februari 2024.

Ia menyampaikan untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, pencoblosan dapat dilakukan pada nomor urut, foto, nama salah satu pasangan calon, tanda gambar partai politik, dan/atau gabungan partai politik dalam surat suara.

Sedangkan, untuk pemilihan anggota DPR, DPRD provinsi, dan kabupaten/kota, tanda coblos bisa diletakkan pada nomor atau tanda gambar partai politik dan/atau nama calon anggota DPR, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota berada pada kolom yang disediakan.

Pemilihan anggota DPD, tanda coblos bisa diletakkan lebih dari satu kali pada satu kolom pasangan calon yang memuat nomor urut, foto pasangan calon, nama pasangan calon, atau tanda gambar partai politik. Dalam hal ini, tanda coblos dinyatakan sah untuk pasangan calon yang bersangkutan.

"Mari kita bersama-sama turut serta dalam memilih pemimpin yang terbaik untuk masa depan bangsa kita," pungkasnya. (HERMAWAN DP/j)

Berita Terbaru