Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Selatan Programkan Enam Prioritas Pembangunan 2025

  • Oleh ANTARA
  • 06 Februari 2024 - 08:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Pemerintah Kabupaten Barito Selatan pada rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025 memprogramkan enam prioritas pembangunan kabupaten setempat.

"Hal tersebut sesuai dengan tema pembangunan dan dinamika yang ada di masyarakat," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Selatan Eddy Purwanto di Buntok, Selasa, 6 Februari 2024.

Menurut dia, untuk prioritas pertama yakni memastikan bahwa kebijakan dan program pembangunan mencerminkan kebutuhan aspirasi serta peran yang setara antara pria dan wanita.

Untuk prioritas pembangunan kedua, katanya, yakni peningkatan infrastruktur yang berkelanjutan dan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat dan peningkatan penataan ruang terbuka hijau dalam perencanaan kota.

"Ketiga, memajukan sektor UMKM, sebagai pilar pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dengan memberikan dukungan keuangan, akses pasar, dan pelatihan yang diperlukan," katanya.

Kemudian keempat, kata dia, melibatkan masyarakat dalam pemetaan kemiskinan dan stunting ditingkat lokal untuk memahami masalah serta tantangan yang sedang dihadapi.

Untuk prioritas pembangunan kelima yakni mendorong inovasi dan penerapan teknologi untuk meningkatkan efisiensi diberbagai sektor ekonomi yang dapat membuka peluang baru untuk pekerjaan dan pertumbuhan ekonomi.

"Prioritas pembangunan keenam pada tahun 2025 mendatang yakni proses perencanaan yang transparan, partisipatif dan berkelanjutan," kata Eddy.

Untuk tema pembangunan Barito Selatan 2025, lanjut dia, yakni pertumbuhan ekonomi yang berkualitas untuk pemerataan pendapatan, pengentasan kemiskinan dan membuka kesempatan kerja yang luas.

Oleh karena itu, konteks pendekatan dalam penyusunan dokumen perencanaan pembangunan daerah tersebut, senantiasa berbasis dengan pendekatan holistik, tematik, integratif, dan spasial.

"Ini mengisyaratkan bahwa pencapaian prioritas pembangunan di Kabupaten Barito Selatan memerlukan adanya koordinasi dari seluruh pemangku kepentingan," bebernya.

Berita Terbaru