Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Morowali Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tim Gabungan Tertibkan Ratusan APK Pemilu 2024 di Tiga Dapil Barito Timur

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 12 Februari 2024 - 06:21 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Petugas gabungan yang terdiri dari Bawaslu, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Timur menertibkan ratusan alat peraga kampanye atau APK berupa baliho dan spanduk secara serentak di seluruh daerah pemilihan, Minggu, 11 Februari 2024.

"Sudah bersih semua baik di jalan protokol provinsi maupun kabupaten," ungkap Kabid Ketentraman, Ketertiban Umum dan Perlindungan Masyarakat atau Trantibumlinmas Satpol PP, Rendra, usai penertiban APK.

Dia mengatakan, dari pihak partai politik telah memiliki kesadaran mencopot APK yang terpasang di persimpangan maupun pinggir jalan, namun mereka tidak mampu mencopot semua terutama  APK milik Caleg dari provinsi maupun pusat.

"APK yang telah ditertibkan dan diangkut dengan truk tersebut selanjutnya kami serahkan kepada Bawaslu Barito Timur," terang Rendra.

Sebelumnya, Ketua Bawaslu Barito Timur Feryanto Marthen Panggalaha menegaskan bahwa batas waktu pemasangan APK Pemilu 2024 bersamaan dengan berakhirnya masa kampanye, yaitu 10 Februari 2024. APK yang dimaksud dapat berupa spanduk, baliho, pamflet, bendera hingga poster yang dipasang di tempat-tempat terbuka atau ruang publik.

"Terkait dengan batas waktu pemasangan APK yaitu sampai dengan tanggal 10 Februari 2024 sama dengan batas waktu masa kampanye," kata Fery melalui pesan Whatsapp, Kamis, 8 Februari 2024.

Dia menambahkan, terkait penertiban APK tersebut sebelum Bawaslu juga telah mengadakan rapat koordinasi bersama partai politik, naradamping (LO) caleg serta tim pemenangan nasional capres-cawapres.

"Dalam rapat koordinasi itu kami sudah menyampaikan imbauan agar penertiban APK di lakukan secara mandiri oleh peserta pemilu," ungkap Ketua Bawaslu.

Meski demikian, jika sampai dengan batas waktu yang sudah ditentukan masih terdapat APK yg belum ditertibkan secara mandiri maka petugas dari Bawaslu bersama Satpol PP dan Dishub Barito Timur akan melakukan penertiban atau pencopotan APK tersebut.

Dengan berakhirnya masa kampanye pada 10 Februari 2024, maka tanggal 11 hingga 13 Februari merupakan masa tenang Pemilu 2024.

"Masa tenang akan di mulai dari tanggal 11 sampai 13 Februari 2024, selama masa tenang tersebut peserta pemilu dilarang melakukan aktivitas kampanye," terang Ketua Bawaslu. (BOLE MALO/R)


TAGS:

Berita Terbaru