Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Aru Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disarpustaka Kapuas Jalin Kerjasama Dengan Sejumlah Pihak di Bidang Perpustakaan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 12 Februari 2024 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan atau Disarpustaka Kabupaten Kapuas melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan sejumlah pihak terkait bidang perpustakaan.

Penandatanganan MoU tersebut dilakukan Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi yang diwakili Asisten III Setda Kapuas Ahmad M Saribi dengan para pihak terkait, bertempat di Aula Rujab Bupati pada Senin, 12 Februari 2024.

Pertama, penandatangan MoU antara Bupati Kapuas dengan Dirpolairud Polda Kalteng dalam penyelenggaraan perpustakaan keliling menyusuri sungai Kapuas dengan menggunakan kapal milik kepolisian. 

"Saya informasikan tahun 2023 lalu kami telah melakukan PKS dengan seluruh kapolsek dalam wilayah hukum Polres Kapuas berupa penyediaan pojok baca dan mendukung program bajaka presisi," kata Kepala Disarpustaka Kapuas, Senin, 12 Februari 2024.

Kemudian, penandatangan MoU antara Bupati Kapuas dengan PT Woola Aksara Maya Indonesia bertujuan untuk membangun dan mensosialisasikan aplikasi i-kapuas. 

"Selanjutnya, perjanjian kerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kapuas guna mempercepat pengelolaan aplikasi Srikandi di tingkat desa juga program perpustakaan desa sebagai wujud dukungan terhadap program bunda literasi agar transformasi perpustakaan berbasis literasi sosial dan gemar membaca," jelasnya.

Terakhir, perjanjian kerjasama dengan kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas bertujuan untuk mensinergikan pengelolaan perpustakaan di madrasah dan pemberdayaan guru agama sebagai pengelola perpustakaan di sekolah dan madrasah. 

"Harapan kami melalui launching, MoU dan PKS hari ini akan mempercepat terwujudnya transformasi literasi berbasis inklusi-sosial dan digitalisasi perpustakaan dalam wilayah Kabupaten Kapuas," harapnya. (DODI/H)

Berita Terbaru