Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Purworejo Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seluruh ASN Pemprov Kalteng Libur saat Pemilu 2024

  • Oleh Marini
  • 13 Februari 2024 - 05:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Berdasarkan surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2024 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 sebagai Hari Libur Nasional, bahwa telah ditetapkannya hari Rabu tanggal 14 Februari 2024 sebagai hari Libur Nasional termasuk semua jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Tengah (Kalteng).

Maka, Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran mengeluarkan Surat Edaran Nomor 800/53/IV.1/BKD tertanggal 12 Februari 2024. Dengan ini diminta perhatian semua lingkungan Pemprov Kalteng sebagai berikut : 

1. Pelaksanaan hari Libur Nasional tersebut dalam rangka hari pemungutan Suara Pemilihan Umum Tahun 2024 dilaksanakan guna memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada Warga Negara Indonesia untuk menggunakan hak pilihnya. 

2. Bagi unit atau satuan kerja organisasi yang berfungsi memberikan layanan langsung kepada masyarakat luas, antara lain, rumah sakit, puskesmas, pemadam kebakaran, keamanan dan ketertiban, perhubungan, dan unit pelayanan lain yang sejenis, pimpinan unit atau satuan kerja yang bersangkutan agar mengatur penugasan pegawai pada hari libur tersebut, sehingga pemberian pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan sebagaimana mestinya. 

3. Bupati/Walikota se - Kalimantan Tengah dan Kepala Perangkat Daerah Provinsi Kalimantan Tengah agar melakukan pengaturan dan pemantauan terhadap pelaksanaan hari libur tersebut, dan hendaknya diambil langkah-langkah peningkatan disiplin sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

4. Agar semua pihak mendukung dalam pelaksanaan pemilihan umum secara serentak berjalan dengan aman, tenteram, tertib, lancar dan sukses.

Hal ini dibenarkan oleh, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kalteng Lisda Ariyana mengatakan bahwa hal tersebut menindaklanjuti dari Surat Edaran Menteri Dalam Negeri. Dan dirinya meminta seluruh Aparatur Sipil Negara atau ASN menjaga netralitas.

"ASN gunakan hak pilihnya jangan golput, dan sebagaimana yang tercantum pada Fakta Integritas ASN bersikap netral dan ini yang harus dijaga," katanya saat diwawancara oleh awak media, Senin, 12 Februari 2024. (MARINI/R)


TAGS:

Berita Terbaru