Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kapuas Hulu Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada 10 TPS Rawan di Palangka Raya

  • Oleh Marini
  • 13 Februari 2024 - 11:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sebanyak 10 Tempat Pemungutan Suara atau TPS rawan saat Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. Hal ini akibat 10 TPS tersebut letak geografisnya ada yang berdekatan dengan derah pinggiran sungai.

Ke 10 TPS Rawan tersebut, telah dihimpun oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya. Ketua KPU Kota Palangka Raya Joko Anggoro menyebutkan 10 TPS tersebut meliputi, 8 TPS di Kecamatan Rakumpit, 1 TPS di Kecamatan Bukit Batu, 1 di Kecamatan Sebangau.

"Pemilu kali ini yang rawan TPSnya didominasi Kecamatan Rakumpit, meliputi Gaung Baru, Mungku Baru, Bukit Sua dan Panjehang," katanya, Selasa, 13 Februari 2024.

Ia juga mengatakan, pengiriman logistik surat suara di daerah Kecamatan Rakumpit memiliki akses jalan ganda, menggunakan jalan darat dan perahu.

Dirinya menjelaskan proses distribusi surat suara di  kecamatan tersebut, dengan cara membungkus kotaknya dengan beberapa lapis plastik agar tidak basah terkena air, saat melewati jalur air atau sungai.

"Hal ini dilakukan untuk memastikan keadaan surat suara tetap baik dan mengurangi risiko terkena percikan air dari perahu saat proses pendistribusian," jelasnya. 

Ia juga menambahkan, aksesibilitas geografis dalam pengiriman surat suara mengharuskan KPU untuk mengambil langkah-langkah spesifik guna memastikan keamanan dan keutuhan surat suara sampai ke tujuan.

"Serta kami juga bekerja sama dengan TNI/POLRI untuk memastikan keamanan dan kelancaran pemungutan suara di 10 TPS yang rawan tersebut," tandasnya. (MARINI/R)


TAGS:

Berita Terbaru