Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Cilegon Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Gempa Bumi Magnitudo 4,7 Guncang Kalimantan Selatan, Kategori Gempa Dangkal

  • Oleh Pathur Rahman
  • 13 Februari 2024 - 12:31 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) diguncang oleh gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 4,7 pada Selasa, 13 Februari 2024 pukul 08.22 WIB.

Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya Agung Sudiono menyampaikan, berdasarkan informasi dari Stasiun Geofisika Balikpapan gempa bumi ini terjadi akibat aktivitas patahan Meratus yang berada di darat, 19 Kilometer Timur Laut Banjar, Kalsel dan dikategorikan gempa dangkal.

"Gempa bumi ini memiliki kedalaman sekitar  10 Kilometer dan tidak berpotensi menimbulkan tsunami," ungkapnya.

Gempa bumi ini menimbulkan guncangan yang dirasakan di beberapa daerah, seperti Kota Banjarmasin, Kabupaten Tapin, Marabahan (Kabupaten Barito Kuala), Kota Sampit, Pulau Pisau, dan Kota Palangka Raya.

Guncangan tersebut berkisar antara II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu). Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban jiwa akibat kejadian tersebut.

"BMKG menghimbau masyarakat untuk menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa dan memastikan bangunan tempat tinggal mereka cukup tahan gempa sebelum kembali ke dalam rumah," pungkasnya. (PATHUR/R)


TAGS:

Berita Terbaru