Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Agam Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kapuas Ikuti Rakor Pengendalian Inflasi Secara Virtual, Ini Jadi Atensi Mendagri

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 13 Februari 2024 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Jajaran Pemkab Kapuas telah mengikuti Rapat koordinasi (Rakor) mingguan pengendalian inflasi daerah tahun 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting ini diikuti oleh kementerian, lembaga, instansi dan pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Serta dihadiri secara langsung oleh Badan Pangan Nasional Deputi III Dr. Andriko Noto Susanto, dan Direktur Statistik Harga Badan Pusat Statistik Dr. Windhiarso Ponco Adi Putranto, yang dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.

Dalam rapat yang diadakan secara virtual ini diikuti jajaran Pemkab Kapuas yang diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kapuas, Salman bersama dengan sejumlah kepala perangkat daerah Kabupaten Kapuas, di ruang rapat Kantor Bupati Kapuas.

Salman menuturkan di dalam rapat tersebut, Mendagri Tito Karnavian menyampaikan paparannya mengenai agenda rapat yang akan dibicarakan, masalah inflasi, stabilitas harga pangan, barang, dan jasa.

"Hal itu tetap diberikan atensi demi menghindari jika terjadi hal atau dampak yang tidak diinginkan mengingat akan diadakannya Pesta Demokrasi beberapa hari ke depan," katanya, Selasa, 13 Februari 2024.

Tidak lupa juga pada saat yang bersamaan, mengingatkan kepada pemerintah untuk berperan dalam penyelenggaraan Pemilu. 

Dalam paparannya, Mendagri mengatakan bahwa dalam 5 bulan terakhir angka inflasi terbilang cukup stabil.“Beberapa waktu lalu, Badan Pusat Statistik sudah merilis data inflasi bulan Januari 2024 di angka 2,57 persen dimana ini merupakan angka yang baik karena terjadinya penurunan dari bulan Desember 2023 di angka 2,61%, yang mana bisa kita lihat selama 5 bulan terakhir cukup stabil.”

Sementara, Direktur Statistik Harga Badan Pusat Statistik, Dr. Windhiarso Ponco Adi Putranto menyampaikan dalam paparannya bahwa pada bulan Januari 2024, beras masih menjadi salah satu komoditas yang mengalami inflasi (month-to-month) sebesar 0,64% dengan andil 0,03%.

“Jumlah Kabupaten/Kota yang mengalami kenaikan Indeks Perkembangan Harga (IPH) masih naik pada minggu kedua Februari ini dibandingkan dengan minggu sebelumnya,” bebernya. (DODI/j)

Berita Terbaru