Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Seluruh Personil Diminta Antisipasi Potensi Kerawanan Pemungutan dan Perhitungan Suara

  • Oleh Ramadani
  • 13 Februari 2024 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pj Bupati Barito Utara Muhlis mengatakan, terdapat potensi kerawanan saat pemungutan dan penghitungan suara dalam setiap Pemilihan Umum (Pemilu), terkhusus pada Pemilu 2024 ini.

Potensi kerawanan tersebut  antara lain PPS tidak profesional atau kurang memahami tupoksinya, pelaksanaan pemungutan suara tidak sesuai peraturan yang ditetapkan, surat suara kurang/rusak/tertukar, intimidasi kelompok tertentu, mobilisasi massa pemilih.

Selain itu, penolakan hasil hitung suara, saksi paslon tidak tanda tangan berita acara, keributan atau perdebatan di TPS, kegiatan pemungutan berlarut–larut dan terjadinya pemungutan suara ulang.

Untuk itu, Pj Bupati meminta kepada seluruh personil untuk melakukan langkah–langkah antisipasi seperti koordinasi dengan PPS dan KPPS, PPK Kecamatan dan timses, serta jajaran pemerintahan baik di tingkat desa dan kelurahan, kecamatan.

“Dan yang tidak kalah pentingnya adalah meningkatkan kegiatan patroli serta pamwal logistik pemilu secara optimal,” imbuhnya.

Selain itu, kepada para Camat se Barito Utara agar bisa membantu monitoring dan mensosialisasikan serta mengajak masyarakat yang ada di wilayahnya agar menggunakan hak pilihnya sesuai dengan ketentuan, sehingga partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya memenuhi target nasional yaitu 79,5 persen.

“Kepada KPU dan Bawaslu agar memastikan bahwa logistik yang kita salurkan pada hari ini dapat diterima dengan baik dan terjaga kondisinya, sehingga pada hari pemungutan dan pasca pemungutan dapat kembali ke kantor KPU dalam kondisi yang baik,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu Pj Bupati menyampaikan atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ketua KPU Barito Utara beserta jajarannya, Bawaslu Barito Utara, TNI-Polri, DPRD Barito Utara, kepala perangkat daerah, Camat, Lurah, kepala desa dan semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu-persatu yang telah melakukan tugasnya secara optimal.

“Hal itu demi mewujudkan dan mensukseskan jalannya Pemilu 2024 di wilayah Kabupaten Barito Utara dengan baik, lancar, aman dan kondusif. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi langkah tugas pengabdian kita untuk bangsa dan negara dan Kabupaten Barito Utara yang kita cintai,” pungkasnya. (RAMADHANI/H)

Berita Terbaru