Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ada 9 Desa di 2 Kecamatan Kotim Tergenang Banjir, 394 KK Jadi Korban

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 19 Februari 2024 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebanyak 9 desa dari 2 kecamatan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) tergenang banjir, yang mengakibatkan 394 kepala keluarga (KK) terdampak.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotim pada 18 Februari 2024 pukul 22.18 WIB, sejumlah wilayah tergenang banjir 15-170 centi meter dan hanya 2 desa terpantau surut.

"Banjir di Kecamatan Cempaga Hulu menimpa 7 desa, Alhamdulillah untuk Desa Selucing dan Desa Pelantaran sudah surut. Kemudian di Kecamatan Cempaga banjir terjadi di Desa Rubung Buyung dan Desa Patai," kata Kepala Pelaksana BPBD Kotim Multazam, Senin, 19 Februari 2024.

Dusun Bantilan, Desa Pelantaran air setinggi 1,5 meter sempat menggenangi daerah Bantaran Sungai Dekat Jembatan dan terpantau telah suurut.

Banjir di Desa Sei Ubar Mandiri, Kecamatan Cempaga Hulu dengan rata-rata tinggi muka air 95 centi meter mengakibatkan 96 KK terddampak. Banjir di wilayah ini diduga karena sungai ubar tidak berfungsi optimal dan perlu dilakukan normalisasi.

Sementara banjir di Desa Pantai Harapan, Kecamatan Cempaga Hulu dengan tinggi muka air 70-90 centi meter mengakibatkan 90 KK terdampak.

Banjir di Desa Bukit Raya, Kecamatan Cempaga Hulu menimpa rumah warga yang berada di antara jembatan Batas Desa Bukit Raya dan Desa Rubung Buyung. Banjir setinggi 1,6 meter merendam 5 rumah dan 5 KK harus mengungsi.

Sebanyak 198 KK juga terdampak banjir di Desa Sudan, Kecamatan Cempaga Hulu. Banjir di Desa tersebut menimpa 4 RT dengan tinggi muka air rata-rata 15-70 centi meter.

"Desa Parit, Kecamatan Cempaga Hulu terjadi banjir genangan di jalan dan halaman di RT. 1, 2 dan 3," katanya.

Banjir juga terpantau di 2 desa di Kecamatan Cempaga. Banjir di Desa Rubung Buyung merupakan perluasan dari banjir di perbatasan Desa Bukit Raya, Kecamatan Cempaga Hulu.

Berita Terbaru