Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Tangerang Selatan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbun Kalteng Gunakan Rp247 Miliar DBH-DR untuk Program Strategis 2024

  • Oleh Marini
  • 21 Februari 2024 - 04:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) akan menggunakan Rp247 miliar dari Dana Bagi Hasil Dana Reboisasi (DBH-DR) Provinsi Kalteng. Dana tersebut untuk mencapai program strategis di tahun 2024. 

Berikut rinciannya. Diperuntukan untuk pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), rehabilitasi lahan, operasional KPH yang berada di Dishut Kalteng sebanyak 18 unit.

"Nah itu yang akan dilakukan di tahun 2024 ini," katanya Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng Agustan Saining, Selasa, 20 Februari 2024.

Ia juga mengutarakan, DBH-DR ini bisa diperuntukkan untuk OPD lainnya. Sesuai PMK 2616 Tahun 2021, bisa dimanfaatkan untuk kepentingan seperti pariwisata, sosial, koperasi UMKM, transmigrasi tenaga kerja dan untuk pemberian insentif kepala daerah melalui biro ekonomi.

"Itu yang bisa dimanfaatkan DBH-DR ini melalui program strategis ini. Tahun ini alokasi DBH-DR tahun 2024 senilai Rp247 miliar yang disalurkan oleh pemerintah pusat kepada Pemerintah Provinsi Kalteng, dan ini penyaluran bertahap," jelasnya. 

Dirinya juga memberitahukan, untuk tahun sebelumnya, alokasi DBH-DR senilai kurang lebih Rp200 miliar. Yakni digunakan oleh Dishut Kalteng dengan OPD lainnya, ada DLH Kalteng dan BPBPK Kalteng. 

"Tahun lalu itu digunakan oleh kurang lebih 8 instansi. Yang menggunakan DBH-DR itu," tandasnya. (MARINI/Y)

Berita Terbaru