Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Majene Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbun Kalteng Minta Perusahaan Sawit Aktif Suplai Data Perkebunan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 21 Februari 2024 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Perkebunan (Disbun) Kalteng meminta perusahaan sawit yang ada di Kalteng rutin dan aktif menyuplai data perkebunan.

Hal itu dinilai penting untuk menjaga kestabilan dan penetapan harga Tandan Buah Segar (TBS) melalui rakor bersama di Disbun Kalteng.

“Terkait dengan ketersediaan data sebagai bahan dasar perhitungan, diharapkan agar semua perusahaan penyuplai data lebih aktif mengirimkan datanya,” sebut Plt Kepala Disbun Kalteng, Rizky Badjuri dalam keterangannya, Senin, 19 Februari 2024.

Dia menjelaskan penetapan harga TBS dilakukan dua kali selama sebulan sejak Januari 2024. Selain penetapan harga TBS, pada periode I ini juga ditetapkan indeks K.

Pelaksanaan rapat periode I untuk menetapkan indeks K dan pembelian TBS yang berlaku tanggal 1 s.d 15 bulan berjalan, sedangkan periode II adalah untuk pembelian TBS sejak tanggal 16 s.d akhir bulan berjalan.

Penetapan ini dilakukan untuk memberikan perlindungan dalam perolehan harga wajar TBS kelapa sawit produksi pekebun, selain itu untuk menghindari adanya persaingan tidak sehat antar Pabrik Kelapa Sawit (PKS).

Rizky menekankan pada periode pertama Februari hanya 13 perusahaan yang mengirimkan data untuk perhitungan harga.

“Masih banyak PKS yang tidak menyampaikan data, padahal data ini adalah komponen utama untuk menentukan harga pembelian TBS,” ujarnya. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru