Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kenalkan Kearifan Lokal dan Budaya Kepada Generasi Muda Sejak Dini

  • Oleh Donny Damara
  • 22 Februari 2024 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati mendorong semua pihak untuk dapat mengenalkan kearifan lokal dan budaya khususnya Kalteng kepada generasi muda semenjak dini.

Kuwu mengatakan, mengenalkan kearifan lokal dan budaya sangat penting karena upaya ini akan dapat membantu mempertahankan dan melestarikan warisan budaya yang merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki Kalteng.

"Generasi muda kita jangan sampai tidak mengetahui mengenai nilai maupun rupa dari budaya yang ada di provinsi ini, jangan sampai malah budaya luar yang mereka ketahui," ucapnya, Kamis, 22 Februari 2024.

Dirinya menekankan, untuk mengenalkan kearifan lokal dan budaya daerah ini kepada generasi muda harus dimulai dari pendidikan, sosialisasi serta edukasi baik di rumah maupun di sekolah.

"Para orang tua dirumah dan guru di sekolah harus dapat berperan aktif dalam mengajarkan nilai kearifan lokal dan budaya, sehingga generasi muda kita bisa mengetahui dan dapat turut serta dalam melestarikannya," ujarnya.

Selain itu, ia juga menyarankan kepada pemda dan organisasi masyarakat supaya bersinergi untuk menciptakan program dan inisiatif yang bertujuan untuk mempromosikan dan melestarikan kearifan lokal dan budaya Kalteng.

"Kita harus memastikan bahwa generasi muda memahami dan menghargai warisan budaya. Ini bukan hanya tentang melestarikan, tetapi juga tentang membangun identitas dan rasa kebanggaan dalam masyarakat," tukasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru