Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkalis Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Karakteristik Warga Sukamara Berkendara Tanpa SIM

  • Oleh Norhasanah
  • 16 Mei 2016 - 17:03 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Mulai Senin (16/5/2016) hingga 29 Mei 2016, jajaran Polres Sukamara menggelar Operasi Patuh Telabang 2016. Razia yang berlangsung selam 14 hari ke depan itu, bertujuan mewujudkan situasi lalu lintas yang kondusif saat menyambut bulan suci Ramadan 1437 H, dan hari raya Idul Fitri 2016.

Kapolres Sukamara, AKBP Rede Mangaraja Sinambela dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan Operasi Patuh Telabang bertujuan menciptakan keamanan dan ketertiban senantiasa lancar. Tujuannya, mewujudkan situasi lalu lintas yang kondusif, baik menjelang maupun saat bulan suci Ramadan.

'Untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, operasi ini dilaksanakan dengan mengutamakan kegiatan preventif, serta didukung upaya penegakan hukum yang terukur terhadap pelanggaran lalu lintas,' kata AKBP Rede Mangaraja Sinambela, Senin (16/5/2015).

Rade menambahkan dalam operasi patuh telabang kali ini pihaknya lebih  menitikberatkan pada karakteristik daerah. Untuk Kabupaten Sukamara ada dua pelanggaran yang sering dilakukan masyarakat, sehingga menjadi karakter daerah. Yaitu pengendara tidak memiliki Surat Ijin Mengemudi  ( SIM ) dan dalam berkendaraan banyak yang melanggar rambu lalu lintas

'Kalau di kabupaten lain mungkin banyak karakter pengendara yang menjadi fokus dalam operasi patuh telabang ini, namun untuk Sukamara ada dua pelanggran yang banyak dilakukan oleh masyarakat Sukamara, pertama tidak memiliki SIM dan kedua adalah pelanggran rambu lalu lintas, seperti melawan arus dan rambu lalu lintas lainnya,' terang Rede.

Melalui penyelenggaraan Operasi Patuh ini, Kapolres mengharapkan tercapainya beberapa tujuan. Antara lain, meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, terciptanya situasi kamseltibcar lantas secara optimal, serta menurunnya kecelakaan lalu lintas, terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap Polri, dengan terbentuknya opini positif dan citra tertib dalam berlalu lintas. (MG-13/N).

Berita Terbaru