Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Luwu Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bimtek Digelar, Perkuat Skill Tim Operasi Terpadu Karhutla

  • Oleh Wahyu Krida
  • 17 Mei 2016 - 20:03 WIB

BORNEONEWS, Kotawaringin Barat - Walaupun operasi Tim Patroli dan Posko Terpadu pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) jilid satu telah usai, namun antisipasi pencegahan bencana karhutla tetap berlanjut. Pasalnya dalam waktu dekat, diperkirakan antara bulan Juni atau Agustus, Kobar bakal memasuki musim kemarau, tim patroli karhutla kembali disiagakan.

Untuk itulah Senin dan Selasa (16-17/5/2016) digelar kegiatan Bimbingan Teknis (bimtek) Patroli dan Posko Terpadu di Kantor Manggala Agni  Daerah Operasi (Daops) III Pangkalan Bun Jalan Kumpai Batu Atas.

Kepala Manggala Agni Daops III Pangkalan Bun Binsar Oktavianus Togatorop di lokasi kegiatan menjelaskan, bimtek ini diikuti 30 peserta dari TNI/Polri, Manggala Agni, masyarakat Desa Kubu, Desa Keraya dan Desa Sabuai Kecamatan Kumai serta NGO lingkungan hidup.

"Materi yang disampaikan dalam bimtek ini yaitu penggunaan GPS, serta penggunaan alat dan teknis pemadaman api. Hari pertama peserta mendapatkan penjelasan secara teori. Kemudian hari kedua dilanjutkan dengan praktek pemadaman api pada hutan dan lahan," jelasnya.

Menurutnya berlanjutnya operasi menjadi jilid dua, sengaja digelar sebagai bentuk antisipasi terjadinya karhutla pada musim kemarau.

"Diharapkan dengan digelarnya bimtek ini, skill anggota tim patroli terpadu semakin siap dan kuat dalam hal teknik bagaimana cara penanganan api pada karhutla. Sehingga bila situasi tersebut terjadi, tim bisa melakukan pemadaman api secara cepat dan efisien sebelum areal kebakaran semakin meluas," jelasnya. (WAHYU KRIDA/N).

Berita Terbaru