Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelayakan Drainase Perlu Diperhatikan untuk Meminimalisasi Banjir

  • Oleh Donny Damara
  • 23 Februari 2024 - 14:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Duwel Rawing mengatakan kelayakan drainase perlu diperhatikan untuk meminimalisir terjadinya banjir khususnya di wilayah perkotaan.

Seperti yang terjadi baru-baru ini di Kota Palangka Raya akibat hujan dengan itensitas tinggi membuat sejumlah wilayah di kota setempat kebanjiran, hal ini lantaran drainase yang tidak efektif berfungsi.

"Saluran drainase yang tidak maksimal megalirkan air akan mengakibatkan banjir, hal ini perlu untuk diperhatikan oleh pemda agar drainase ditingkatkan," ucapnya, Jumat, 23 Februari 2024.

Ia mengungkapkan, kejadian banjir akibat genangan air hujan terutama di Kota Palangka Raya sering kali terjadi, sehingga pemerintah setempat supaya lebih memperhatikan kelayakan drainase yang ada.

"Drainase baik itu yang ada di pinggiran jalan raya maupun pemukiman warga supaya ditingkatkan, sehingga ketika terjadi hujan dengan itensitas tinggi dapat maksimal mengalirkan air keluar," ujarnya.

Selain itu, ia juga mengingatkan kepada masyarakat supaya tidak membuang sampah disembarangan tempat terlebih lagi di drainase, sebab ketika hujan dan terjadi banjir salah satunya akibat drainase yang mampet.

"Masyarakat harus mentaati aturan yang ada, jangan membuang sampah disembarangan tempat apalagi di dalam drainase, sebab itu bisa mengakibatkan banjir, kita minta ini agar menjadi perhatian bersama," tutupnya. (DONNY D/R)


TAGS:

Berita Terbaru