Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kobar Rakor Atasi Naiknya Harga Beras

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 23 Februari 2024 - 16:41 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat melalui Disperindagkop UKM melaksanakan kegiatan Rapat Koordinasi, tentang Ketersediaan Barang Pokok pada Tingkat Distributor yang Bertempat di Ruang Rapat Kantor Bupati Kobar.

Rapat dipimpin langsung Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Tengku  Ali Sahbana dan dihadiri Kepala Dinas Perindagkop UKM, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan, Bulog Pangkalan Bun, serta para distributor di Kabupaten Kobar.

Kepala Dinas Perindagkop UKM Alfan Khusnaini menjelaskan, rapat bapokting pada tingkat distributor ini bertujuan untuk mengkoordinasi adanya kelangkaan beras terutama beras premium.

"Kelangkaan ini berimbas pada naiknya harga beras dan berdampak besar pada melonjaknya angka inflasi di Kobar," kata Alfan.

Lanjutnya, jika melihat data ketersediaan bahan pokok yang ada, seharusnya harusnya cukup untuk di Kobar hingga lebaran mendatang. Namun, fakta di lapangan ada beberapa kabupaten tetangga yang masih bergantung pada distributor daerah Kobar.

"Seluruh distributor yang ada di Kobar ini tidaj hanya memenuhi kebutuhan daerah, tetapi juga Kabupaten Sukamara, Lamandau dan wilayah Pembuang Hulu, Kabupaten Seruyan," ungkapnya.

Untung ketersediaan batang atau stok yang ada saat ini, para Distributor menyampaika dapat memenuhi hingga lebaran di bulan April mendatang. Kemudian juga, masih ada beberapa stok yang sedang dalam perjalanan ke Kabupaten Kotawaringin Barat.

Kendala yang dialami yaitu adanya faktor cuaca, maka kontainer terbagi dengan isi pupuk dan juga bahan bangunan, sehingga barang consumer good yang dikirim juga tidak bisa memenuhi kontainer 100 persen.

"Untuk menangani hal ini, maka Pemerintah Kotawaringin Barat akan melakukan komunikasi terhadap pihak terkait dan mengutamakan kebutuhan pokok," pungkasnya. (DANANG/R)


TAGS:

Berita Terbaru