Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Bandar Lampung Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Empat OPD Digabung Jadi Dua, Pj Bupati Kapuas: Kepala Dinasnya akan Ditunjuk Plt

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 23 Februari 2024 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kapuas telah digabung menjadi dua OPD.

Empat OPD tersebut yaitu Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perikanan, Dinas Transmigrasi dan Dinas Tenaga Kerja, yang kini digabung menjadi Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan, kemudian Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja.

Penggabungan OPD tersebut juga terlihat dengan telah dilantiknya sejumlah pejabat dalam jabatan manajerial mengisi struktur organisasi di dua OPD hasil penggabungan tersebut pada Jumat, 23 Februari 2024.

Pj Bupati Kapuas, Erlin Hardi mengatakan kepada pejabat yang telah dilantik untuk mengisi OPD/dinas yang baru digabung ini agar segera menyesuaikan, karena sudah punya DPA.

"Tetapi untuk kepala dinasnya masih belum kita isi. Jadi, nanti kita akan tunjuk Plt (Pelaksana tugas) nya, sehingga nanti bapak ibu semua tidak ada keragu raguan lagi, segera menyesuaikan diri dan laksanakan program kegiatan," kata Erlin saat pelantikan dan pengambilan sumpah/janji 32 PNS dalam jabatan manajerial di lingkungan Pemkab Kapuas.

Ia menjelaskan, kendala masih belum dapat dilantiknya kepala OPD definitif tersebut memang karena mekanismenya atau terbatasnya kewenangan dari Pj Bupati.

"Tetapi, memang karena mekanisme yang harus dipenuhi Pj Bupati itu tidak langsung (melantik). Jadi harus ada izin dari Kemendagri dan ada pengantar dari Gubernur," jelasnya. (DODI/Y)

Berita Terbaru