Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Toraja Utara Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Operasi Patuh Menekan Angka Kecelakaan

  • 17 Mei 2016 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Gunung Mas - Jajaran Polres Gunung Mas (Gumas) menggelar Operasi Patuh 2016. Kegiatan tersebut dilaksanakan dari 16-29 Mei 2016 atau selama 14 hari dan dilakukan oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) bersama instansi terkait lainnya. Tujuannya, antara lain menekan angka kecelakaan.

Mengawali kegiatan Operasi Patuh, Polres Gumas melaksanakan apel gelar pasukan di halaman Polres Gumas, Senin (16/5/2016). Sebagai inspektur upacara dalam apel tersebut Kapolres Gumas  AKBP Pria Premos. Sementara itu, turut hadir pula sebagai peserta apel yakni dari Dishubkominfo Gumas, Satpol PP serta anggota Polres Gumas.

Wakil Kapolres Gumas Kompol Harun Al Rasyid, ketika dibincangi wartawan di ruang kerjanya usai apel gelar pasukan mengatakan, tujuan utama dari Operasi Patuh 2016 yakni memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan. Serta menekan angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di jalan raya.

'Untuk pengendara sepeda motor kesalahan yang akan dikenai tilang di antarannya kelangkapan surat-surat kendaraan, pengendara melawan arus, plat nomor tidak sesuai aslinya, tidak menggunakan helm, harus selalu menggunakan jalur kiri, melanggar marka  garis stop, melanggar lampu merah dan naik motor lebih dari dua orang,' kata Harun.

Untuk kendaraan roda empat yang akan dikenakan sanksi tilang yakni pelanggaran plat nomor yang tidak sesuai aslinya, menempel logo-logo atau simbol pada plat nomor kendaraan, menggunakan rotator atau sirine pada mobil pribadi, tidak menggunakan sabuk pengaman dan melanggar marka garis stop.

'Untuk Operasi Patuh ada beberapa unsur yang dilibatkan Dinas Perhubungan dan TNI. Dalam Operasi Patuh dilaksanakan dua atau tiga kali sehari. Penindakan dilakukan dalam Operasi Patuh, namun tetap simpatik. Petugas di lapangan tetap mensosialisasikan keselamatan berlalu lintas,' terang Harun.

Sebelumnya, Kepala Korps Lantas Polri Brigadir Polisi Agung Budi Maryoto dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kapolres Gumas mengatakan, Operasi Patuh salah satu upaya polri dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat. Dilaksanakan dalam momentum saat bulan Ramadan, melalui pendekatan persuasif dan edukatif.

'Kegiata tersebut dilakukan dengan pemberdayaan Dikmas Lantas secara optimal. Penerangan masyarakat baik di media cetak maupun elektronik serta pelayanan informasi lalu lintas. Baik melalui NYMC Polri dan TMC Polda, sehingga manfaatnya dirasakan masyarakat pengguna jalan,' ucap dia. (EPRA SENTOSA/N).

Berita Terbaru