Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kalteng Sebagai Penyangga, Pengembangan Potensi Sektor Strategis Perlu Dioptimalkan

  • Oleh Donny Damara
  • 25 Februari 2024 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Letak geografis Kalteng yang berdekatan dengan IKN di Kaltim, hal itu tentu menjadi keuntungan tersendiri dan Kalteng bisa menjadi salah satu provinsi sebagai penyangga IKN.

Oleh karena itu, pengembangan potensi sektor strategis yang ada di provinsi ini perlu dioptimalkan, sehingga kedepan Bumi Tambun Bungai benar-benar mampu mewujudkan sebagai salah satu provinsi penyangga.

"Misalnya sektor pangan, ini merupakan potensi yang sangat strategis untuk dikembangkan, sebab Kalteng sendiri didukung SDA yang melimpah," kata Anggota Komisi II DPRD Kalteng, Ina Prayawati, Minggu, 25 Februari 2024.

Ina menuturkan, dengan mengembangkan sektor strategis misalnya pertanian, perkebunan, perikanan, dan peternakan maka Kalteng dapat memainkan peran penting dalam memasok pangan untuk IKN nantinya.

Oleh karena itu, sedari sekarang pemda harus dapat gencar dalam mengembangkan sektor-sektor tersebut dan melakukannya secara merata di kabupaten dan kota sesuai potensi yang dimiliki.


"Kita tentu ingin Kalteng memegang peran penting sebagai penyangga dan berkontribusi dalam memasok pangan ke IKN nantinya, sebab itu akan memberikan dampak positif bagi daerah maupun masyarakat," tukasnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru