Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Trenggalek Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Dorong Pemerintah Siapkan SDM Profesional di Bidang Pertanian

  • Oleh Donny Damara
  • 25 Februari 2024 - 17:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siti Nafsiah mendorong pemda di Kalteng baik provinsi, kabupaten dan kota untuk dapat menyiapkan sumber daya manusia (SDM) profesional di bidang pertanian.

Nafsiah mengatakan, menyiapkan SDM profesional sangat penting, sebab pertanian merupakan sektor strategis pada penyediaan pangan serta perekonomian, dan pemda harus berinvestasi dalam pengembangan SDM yang kompeten dan terampil di bidang ini.

"Kalteng perlu memiliki petani yang terlatih dan terampil dalam mengelola pertanian secara efektif, sehingga pemda harus menyediakan pelatihan dan pendidikan yang memadai untuk meningkatkan keterampilan petani," ucapnya, Minggu, 25 Februari 2024.

Selain itu, Nafsiah juga menyoroti pentingnya dukungan dan fasilitas yang memadai bagi petani. Pemda harus menyediakan akses terhadap teknologi pertanian modern, pembiayaan terjangkau, dan pasar yang stabil untuk memastikan keberhasilan petani dalam mengembangkan usaha mereka.

"Pemerintah perlu mendukung petani dengan fasilitas memadai. Kekerja sama harus dilakukan dengan berbagai pihak, termasuk lembaga pendidikan, penelitian, dan sektor swasta, untuk menciptakan ekosistem yang mendukung pertanian berkembang," jelasnya.

Nafsiah berharap dengan menyiapkan SDM profesional di bidang pertanian, Kalteng dapat terus meningkatkan produktivitas pertanian, mengurangi ketergantungan pangan dengan provinsi lain, dan meningkatkan kesejahteraan petani serta masyarakat secara keseluruhan. (DONNY D/H)

Berita Terbaru