Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Serang Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pagelaran Sabang Merauke Gelar Audisi untuk Penari Seluruh Indonesia

  • Oleh ANTARA
  • 25 Februari 2024 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Tahun ini, Pagelaran Sabang Merauke (PSM), The Indonesian Broadway siap digelar bulan Agustus mendatang dan akan melibatkan lebih banyak penari dari seluruh pelosok Tanah Air dengan mengadakan audisi khusus bernama The Audition mulai tanggal 19 Februari - 31 Maret 2024.

“Kami berkomitmen untuk menghadirkan pertunjukan yang berkualitas dan inspiratif. Oleh karena itu, kami ingin melibatkan talenta-talenta terbaik dari seluruh Indonesia, termasuk para penari muda yang berbakat untuk turut menunjukkan kemampuan mereka dan menjadi bagian dari pertunjukan kolosal ini,” kata Presiden Direktur & CEO iForte dan Protelindo Group F. Aming Santoso, dikutip dari keterangan persnya, Sabtu (24/2).

Setelah sukses memukau para penonton di tahun 2023, iForte dan BCA siap menggelar kembali Pagelaran Sabang Merauke, The Indonesian Broadway sebuah pertunjukan seni dan budaya kolosal bertemakan "Pahlawan Nusantara". Nantinya, pertunjukan ini akan melibatkan lebih dari 300 penari pada bulan Agustus 2024 di JIEXPO Convention Centre & Theatre Kemayoran, Jakarta.

Oleh karena itu, Pagelaran Sabang Merauke, The Indonesian Broadway siap untuk menyaring talenta penari-penari terbaik dari seluruh Indonesia.

Dalam proses penyeleksian yang ketat, akan ada 50 finalis terpilih melalui penilaian dari para juri ahli di bidangnya, seperti sutradara Pagelaran Sabang Merauke Rusmedie Agus, koreografer Sandhidea Cahyo Narpati & Pulung Jati Ronggo, penari Didik Nini Thowok, musisi Isyana Sarasvati, dan penasehat The Resonanz Music Giok Hartono.

Untuk mengikuti audisi di pagelaran ini, para peserta wajib mengirimkan video yang menampilkan tarian mereka secara daring. Apabila terpilih menjadi finalis, para peserta akan menjalani tahap penjurian luring di Yogyakarta.

Dari tahap penjurian luring tersebut, sebanyak 22 penari terpilih akan mendapatkan bimbingan intensif untuk ikut tampil di Pagelaran Sabang Merauke yang akan datang.

“Sebagai bagian dalam penjurian audisi Pagelaran Sabang Merauke, saya bersama tim juri percaya bahwa keindahan tarian tak hanya terletak pada ekspresi, melainkan juga pada kemampuan teknis yang mencakup penguasaan tari tradisional, keterampilan dalam teknik tari kontemporer berbasis tradisi Nusantara, hingga penguasaan teknik tari kontemporer Barat, seperti balet, hip-hop, dan modern,” kata salah satu juri The Audition Isyana Sarasvati.

Dia menambahkan, “Keselarasan tubuh dengan tempo dan ritme musik menjadi kunci untuk menciptakan sebuah karya tari yang memukau dan menginspirasi,” katanya.

Pendaftaran audisi daring untuk penari di pagelaran ini telah dibuka mulai tanggal 19 Februari hingga 31 Maret 2024. Para peserta dapat mendaftarkan diri melalui laman situs resmi Pagelaran Sabang Merauke di www.pagelaransabangmerauke.com dengan menyertakan video singkat yang menunjukkan kemampuan menari masing-masing.

Berita Terbaru