Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ustaz Drs H Bisma: Saling Mengenal dan Kokohkan Persaudaraan untuk Kebaikan dan Ketakwaan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 27 Februari 2024 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ustaz Drs H Bisma, mengawali tausiah di Sekretariat Pimpinan Cabang Muhammadiyah atau PCM Pahandut pada Minggu, 25 Februari dengan mengutip firman Allah.

"Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh, yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Teliti."

(QS. Al-Hujurat 49: Ayat 13)

Puluhan jemaah pengajian yang kebetulan hari ini banyak dihadiri mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta atau UMS yang sedang mengikuti rangkaian PPL di Palangka Raya itu menyimak dengan khidmat. Pun begitu jemaah tetap yang biasa hadir dalam pengajian dwimingguan ini.

"Jadi, manusia diciptakan kemudian berkembang biak menjadi berbangsa- bangsa dan bersuku-suku dengan segala keberagamannya adalah untuk saling mengenal. Dengan saling mengenal, tali persaudaraan sebangsa dan  setanah air meskipun berbeda bahasa, budaya, dan  kebiasaan akan terjalin. Persaudaraan sesama manusia, sebangsa, senegara, seagama, sekomunitas pun akan bisa terbangun dengan baik," tuturnya.

Saling mengenal, lanjutnya, adalah awal persaudaraan. Kalau sudah saling mengenal akan tumbuh saling memahami, saling menguatkan perasaan senasib sepenanggungan.

"Ingat persaudaraan Muhajirin dan Anshar. Mereka membangun masjid Nabawi bersama-sama karena ketakwaan kepada Allah Swt. Persaudaraan membuat kesulitan menjadi kemudahan, kesempitan membuka kesempatan. Maka terwujudlah yang dicita-citakan," tuturnya.

Tentu keberagaman itu baik agar kita saling mengenal dalam beragam perbedaan. Tidak ada bangsa dan suku serta kelompok yang terbaik.

"Sebaik-baik di antara manusia adalah yang paling bertakwa kepada Allah Swt. Oleh karena itu, mari kita eratkan persaudaraan untuk saling mengajak  berlomba-lomba dalam kebaikan dan ketakwaan," ajaknya. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru