Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Usulan Kegiatan Harus Taati Aspek Hukum dan Perundangan

  • Oleh Ramadani
  • 27 Februari 2024 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Asisten Setda Barito Utara, H Gazali  mengungkapkan, dalam hal pengusulan kegiatan, pengusul baik dari Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SKPD) maupun masyarakat diharapkan dapat menaati aspek hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

"Untuk itu diperlukan kerjasama dan pengertian dari semua pihak, baik SOPD maupun masyarakat pengusul kegiatan agar mentaati aspek hukum dan peraturan perundang-undangan dalam melaksanakan setiap kegiatan," jelas H Gazali menyampaikan sambutan Pj Bupati Barito Utara pada Musrenbang Kecamatan, Selasa, 27 Februari 2024.

Menurutnya, para pengusul harus mencari terlebih dahulu dasar hukumnya lalu tentukan output dan outcome-nya. "Jangan sekali-kali kita mencoba melaksanakan kegiatan atau membuat suatu kebijakan tanpa ada dasar hukum yang jelas. Bekerjalah dengan mempedomani peraturan perundang-undangan yang berlaku, agar kita tidak menghadapi masalah di kemudian hari,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, sebagai aparatur pemerintah daerah, kita juga dituntut untuk dapat membaca perubahan dinamika dan paradigma pembangunan yang begitu cepat, kita tidak dapat lagi dalam posisi diam menunggu, melainkan harus bisa jemput bola dan berpacu dengan waktu serta mampu merebut peluang dan kesempatan yang ada.

Kemampuan membaca dinamika perubahan dan paradigma pembangunan tersebut harus diaplikasikan mulai dari penyusunan RKPD tahun 2025. 

Oleh karena itu, rumusan dan formulasi perencanaan pembangunan hendaknya mencerminkan sifat-sifat perencanaan yang partisipatif, local planning, bottom-up planning, sustainable dan berwawasan lingkungan, serta bersifat anggaran pendekatan berbasis kinerja, yaitu anggaran yang mengutamakan kepada upaya pencapaian hasil kinerja atau out-put.

“Atas nama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah bersama-sama menghadiri kegiatan Musrenbang RKPD di Kecamatan Teweh Timur ini,” pungkasnya. (RAMADHANI/j)


TAGS:

Berita Terbaru