Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Lamongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Punya Birokrat Doktor Baru

  • Oleh Ramadani
  • 29 Februari 2024 - 03:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Pemkab Barito Utara mencetak lagi satu ASN bergelar doktor dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Jumlah ini melengkapi beberapa doktor lain yang sudah ada.

Adalah Dr Munawar Khalil, S. ST, MT, CIO, berhasil mempertahankan riset disertasinya dalam bidang Sosiologi di depan para penguji pada sidang promosi doktor dengan predikat sangat memuaskan atau cum laude, Rabu, 28 Februari 2024. Total masa studi yang dilalui adalah selama 3 tahun 6 bulan.

Pj Sekda Barito Utara Jufriansyah mengatakan, diperlukan banyak lagi ASN yang mengambil jenjang S3 ini. Sebab untuk jenjang manajerial, yang diperlukan adalah bagaimana seorang aparatur mampu mengamati, menganalisa, lalu menyimpulkan secara benar suatu fenomena sekeliling, kemudian membuat keputusan/kebijakan berdasarkan kesimpulan yang benar tadi di lingkup pekerjaannya.

“Dalam dunia teknologi informasi yang saat ini menjadi tulang punggung pergerakan birokrasi pemerintahan, banyak sekali persoalan yang tidak bisa dilihat secara kasat mata. Artinya ASN dalam jenjang leader harus mampu membaca, lalu menganalisa suatu persoalan tidak berbasis pada cara berpikir standar biasa. Sepertinya ilmu Sosiologi mengajarkan individu memikirkan lompatan-lompatan tersebut. Istilah kerennya beyond tomorrow,” terang Jufri.

Satu hal penting lagi menurut Pj Sekda, untuk jenjang S2 ke atas, sebenarnya tidak diperlukan lagi linierimtas jurusan, karena sifatnya sudah manajemen terhadap suatu kebijakan. Kecuali ASN yang bersangkutan ingin menjadi peneliti atau menjadi dosen pada suatu lembaga pendidikan.

“Pekerjaan pada birokrasi pemerintahan itu adalah pekerjaan repetisi, dengan kata lain mengulang pekerjaan yang sama dari tahun ke tahun. Kita hanya meng-copy dokumen pekerjaan tahun sebelumnya, membuat beberapa perubahan dan penyesuaian, lalu mem-paste dokumen tadi sesuai keperluan tahun berjalan. Untuk itu sebenarnya S1 juga cukup. Sedangkan jenjang S2-S3, sifatnya sudah melakukan inovasi atau terobosan. Dan individu itu yang kita perlukan saat ini”, sambung Pj. Sekda. 

Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Persandian Kabupaten Barito Utara H Mochammad Ikhsan yang merupakan atasan langsung Munawar Khalil, mengatakan harapannya agar keilmuan yang didapat ASN bersangkutan bisa segera diaplikasikan dalam menajemen pemerintahan di Barito Utara. 

“Kita membutuhkan intelektual kreatif dan borjuasi independen dengan klasifikasi tinggi, mengawal birokrasi pemerintahan di Barito Utara agar bergerak cepat dalam dunia teknologi informasi. Dengan keilmuannya, saya berharap Munawar Khalil menjadi bagian dari salah satunya”, kata Moch Ikhsan.

Halil, panggilan akrab Munawar Khalil yang saat ini adalah Kepala Bidang E-Government Diskominfosandi Barito Utara, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Barito Utara yang telah mendukungnya selama ini. (RAMADHANI/j) 


TAGS:

Berita Terbaru