Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

2 Tersangka Pengangkut Bio Solar Tanpa Izin Diamankan Polda Kalteng

  • Oleh Pathur Rahman
  • 29 Februari 2024 - 18:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dua orang tersangka pengangkut bio solar tanpa izin ditangkap oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Kalteng, Selasa, 27 Februari 2024.

Kedua tersangka, dengan inisial M dan A, mengendarai dua mobil pick up yang berisi total 6.255 liter bio solar bersubsidi.

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Erlan Munaji mengatakan penangkapan kedua tersangka berawal dari informasi masyarakat yang melaporkan adanya aktivitas mencurigakan di Jalan lintas Tamiyang Layang ke arah Ampah, Kelurahan Ampah, Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur.

Petugas kemudian melakukan penyelidikan dan menghentikan kedua mobil pick up yang melintas di lokasi tersebut sekitar pukul 04.00 WIB.

“Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata kedua mobil itu mengangkut bio solar tanpa surat - surat izin dan menggunakan media tandon, drum dan dirigen. Kedua tersangka mengaku mendapatkan bio solar tersebut dari sebuah SPBU di wilayah Tamiyang Layang dan akan menjualnya di wilayah Ampah dengan harga lebih tinggi,” ujar Erlan, Kamis, 29 Februari 2024.

Erlan menambahkan, kedua tersangka diduga melakukan kegiatan penyalahgunaan pengangkutan niaga bahan bakar minyak (BBM), khususnya solar bersubsidi, yang merugikan negara dan masyarakat. 

Kedua tersangka, yang berperan sebagai sopir, dijerat dengan Pasal 55 Undang Undang Nomor 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi dengan ancaman hukuman maksimal enam tahun penjara.

“Kami masih melakukan pengembangan kasus ini untuk mengetahui apakah ada pihak lain yang terlibat dalam jaringan pengangkutan bio solar tanpa izin ini. Kami juga mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan atau terlibat dalam kegiatan ilegal seperti ini, karena akan merugikan diri sendiri dan orang lain,” tutup Erlan (PATHUR/R)


TAGS:

Berita Terbaru