Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kepulauan Sula Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Lepas Kontingen Festival Isen Mulang

  • Oleh M. Rifqi
  • 17 Mei 2016 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Kotawaringin Timur - Sebanyak 165 orang, terdiri dari 129 atlet ditambah pendamping akan mengikuti 17 cabang lomba Festival Budaya Isen Mulang 2016 di Palangka Raya, 14-17 Mei. Mereka dilepas Wakil Bupati Kotim M Taufiq Mukri, Selasa (17/5/2016). Seluruh peserta yang dikirim diharapkan membawa nama baik dan bisa pulang dengan banyak prestasi.

'Sebagai atlet yang dijaring melalui Festival Budaya Habaring Hurung di Kabupaten Kotim beberapa waktu lalu, kami yakin kontingan akan bisa berprestasi di Festival Budaya Isen Mulang,' kata dia.

Menurut Taufiq, dalam Festival Budaya Isen Mulang bertemu semua kebudayaan di Kalimantan Tengah melalui kesenian dan kebudayaan yang dilombakan. Dia mengharapkan atlet dari Kabupaten Kotim menampilkan yang terbaik dan ikut menggali kesenian dan budaya daerah lain untuk memperkaya khasanah budaya lokal.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotim Fajrurrahman, mengatakan berkaca dari keikutsertaan Kabupaten Kotim tahun lalu dalam Festival Budaya Isen Mulang, prestasi yang diraih jauh dari harapan.

'Dana yang kita miliki terbatas, padahal seharusnya secara konsisten enam bulan sebelumnya sudah dilakukan pembinaan untuk menyiapkan atlet. Tetapi saya yakin, para atlet kita sudah berkomitmen meraih prestasi meskipun di tengah keterbatasan. Guna lebih meningkatkan semangat para atlet, pemerintah daerah juga menyiapkan bonus bagi juara satu dan dua,' kata dia.

Adapun 17 cabang lomba yang akan diikuti atlet dari Kabupaten Kotim, yakni tari daerah pedalaman, tari pesisir, karungut (lagu daerah), bagasing, balogo, manyumpit (sumpit), lawang sekepeng, sepak sawut, mangaruhi (mencari ikan dengan tangan kosong), manetek (memotong) kayu, dayung tradisional, besei kambe (dayung arah berlawanan), lagu daerah, jukung (sampan) hias, mobil hias, masakan khas daerah dan pemilihan putra putri pariwisata. (M. RIFQI/N).

Berita Terbaru