Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Poso Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tangkal Dampak Buruk Globalisasi Melalui Karakter Luhur Kepramukaan

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 29 Februari 2024 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Pendidikan (Disdik) Kalteng menilai penerapan karakter kepramukaan dapat menjadi benteng terhadap dampak buruk kemajuan teknologi.

“Seiring berkembangnya kemajuan teknologi dan kemajuan zaman hal ini sangat memberikan dampak terhadap karakter maupun perilaku,” sebut Plt Kepala Disdik Kalteng, M Reza Prabowo melalui Kepala UPT. Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP) Disdik Kalteng, Hana Pertiwi, di Palangka Raya, Kamis, 29 Februari 2024.

Hana berharap nilai-nilai kepramukaan bisa dilaksanakan di lingkungan di mana peserta didik maupun guru berada.

“Sebab di era globalisasi ini banyak pengaruh terhadap karakter yang memang harus kita tanamkan,” tuturnya.

Ia menjelaskan nilai-nilai karakter kepramukaan yang bisa diaplikan mulai dari religius, bekerja sama, dan disiplin. Hal itu sudah disampaikan oleh narasumber baik dari keluarga maupun pembina pramuka di Provinsi Kalteng.

Dia berharap internalisasi nilai-nilai kepramukaan dapat mengaktifkan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, sekaligus menghasilkan output menumbuhkan karakter dari para peserta didik.

"Tentunya itu kita harapkan bisa dilaksanakan di lingkungan dimanapun peserta didik berada. Mereka bisa melaksanakan selain kegiatan ekskul kepramukaan, yang sangat terpenting adalah nilai-nilai dari kepramukaan itu," pungkasnya. (HERMAWAN DP/j)

Berita Terbaru