Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Kabupaten Sukamara Peringati Hari Peduli Sampah Nasional

  • Oleh Norhasanah
  • 01 Maret 2024 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Pasar Saik pada Jumat, 1 Februari 2024.

“Hari ini memperingati HPSN yang diperingati setiap tanggal 21 Februari, ini untuk mengingatkan kita semua bahwa persoalan sampah harus menjadi perhatian utama,” kata Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Sukamara, Evy Andriani,  Jumat, 1 Maret 2024.

Menurut dia, peringatan HPSN tahun ini sebagai usaha bersama untuk memperkuat posisi sektor pengelolaan sampah sebagai pendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia sebagai manifestasi prinsip pengelolaan sampah berkelanjutan.

“Yang tentunya memaduserasikan antara ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup, sehingga diharapkan dapat mengatasi polusi plastik dengan secara kondusif,” ucapnya.

Evy menuturkan, tema peringatan hari peduli sampah nasional tahun ini adalah ‘atasi sampah plastik dengan cara produktif’. Tema tersebut dilatarbelakangi dengan adanya persoalan sampah plastik yang masih terus menjadi persoalan serius baik secara nasional maupun internasional. Dimana pencemaran sampah plastik saat ini telah menjadi isu global karena sifatnya yang terperasional dan lintas batas.

“Sehingga polusi plastik ini menjadi perhatian global,” ujarnya.

Dalam mengatasi permasalahan sampah di Bumi Gawi Barinjam pemerintah daerah tidak bisa bekerja sendiri, karena sampah berada dan bersumber dari segala tempat, terutama rumah tangga, industri, pasar-pasar dan dari berbagai aktivitas manusia lainnya.

“Oleh karena itu ini menjadi persoalan yang sangat serius dan multidimensi, sehingga pelibatan seluruh komponen masyarakat menjadi penting,” tukas Evy Andriani. (NORHASANAH/H)


TAGS:

Berita Terbaru