Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Kotawaringin Timur Panen Raya Padi Organik

  • Oleh Rafiuddin
  • 17 Mei 2016 - 20:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur bersama petani di Desa Samuda Kecil Kecamatan Mentaya Hilir Selatan melakukan panen raya padi organik.

'Luasan tanam yang dipanen di Desa Samuda Kecil ini mencapai 700 hektare dengan jenis padi organik,' kata Kepala Dinas Pertanian Peternakan Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (DP3KP) Kotim, I Made Dikantara, Selasa (17/5/2016).

Panen raya padi organik di Desa Samuda Kecil itu kata Made adalah panen perdana. Dia antusias hasil panen para petani untuk jenis padi organik itu menggembirakan guna mendukung terwujudnya swasembada beras lokal dan nasional.

Desa Samuda Kecil merupakan desa menjadi lumbung padi di Kabupaten Kotawaringin Timur. Dengan luasan lahan pertanian padi yang mencapai 700 hektare di desa itu diyakini akan membantu subsidi untuk wilayah-wilayah lain di daerah itu.

Wilayah selatan yang meliputi, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Teluk Sampit adalah daerah penghasil beras terbesar di Kotim. Dimana setiap tahun beras yang dihasilkan oleh para petani di dua kecamatan yang menjadi lumbung padi itu tidak hanya disuplai untuk kebutuhan dalam daerah, namun juga ke Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Made mengatakan, pemerintah daerah berkomitmen terus membantu para petani di daerah itu. Baik itu bantuan berupa alat-alat pertanian, obat-obatan serta menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi untuk para petani.

'Kami akan mengupayakan terus bantu petani agar mereka termotivasi untuk bertani. Pemerintah sudah siapkan segalanya, tinggal kemauan petaninya saja untuk lebih serius. Menjadi petani sebenarnya sangat menguntungkan karena bantun terus diberikan pemerintah kepada mereka,' ujar Made.

Seperti diketahui, luasan tanam padi Kotim tahun ini bertambah karena lahan eks kebakaran hutan sekitar tahun lalu dimanfaatkan petani menanam padi.  Pada 2015, luasan tanam padi hanya sekitar 3.000 hektare. Sedangkan pada 2016 ini mencapai 4.353 hektare. Rincinya, untuk padi sawah 2.729 hektare  dan padi ladang 1.624 hektare. (RAFIUDIN/m) 

Berita Terbaru