Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Industri Perbankkan Kalteng Tumbuh Cukup Signifikan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Maret 2024 - 09:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Otoritas Jasa Keuangan atau OJK Provinsi Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy mengatakan bahwa industri Perbankkan Kalteng tumbuh cukup signifikan.

"Pada industri perbankan, kinerja Bank Umum baik konvensional dan syariah mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan," kata Otto Fitriandy menyampaikan perkembangan ekonomi Kalteng pada Selasa, 5 Maret 2024.

Pertumbuhan per bulan Desember 2023, lanjut Otto, Aset Bank Umum di Provinsi Kalimantan Tengah tumbuh sebesar 10,79 persen yoy, sementara Dana Pihak Ketiga atau DPK meningkat sebesar 14,86 persen yoy.

"Sementara Kredit meningkat sebesar 10,44 persen yoy, dengan tingkat kredit bermasalah atau Non-Performing Loan sebesar 1,35 persen," kata Otto lagi.

Sementara itu di tingkat pusat juga hari ini telah dilaksanakan siaran pers penyampaian hasil Rapat Dewan Komisioner Bulanan Otoritas Jasa Keuangan pada 28 Februari 2024, salah satunya menyampaikan bahwa dari sisi domestik, PDB Q4-23 mampu tumbuh sebesar 5,04 persen yoy pada kwartal 3 2023 yakni 4,94 persen yoy, didorong oleh naiknya pengeluaran konsumsi lembaga nonprofit yang melayani rumah tangga atau LNPRT dan belanja investasi pemerintah terkait pembangunan Ibu Kota Negara.

"Secara tahunan pertumbuhan ekonomi membukukan pertumbuhan sebesar 5,05 persen yoy di 2023," kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Mahendra Siregar secara daring.

Indikator terkini juga menunjukkan kinerja perekonomian ke depan masih cukup baik, diantaranya ekspansi PMI manufaktur yang meningkat, neraca perdagangan yang masih mencatatkan surplus, dan tingkat inflasi yang terjaga.

"Dalam rangka mendukung pembangunan IKN, khususnya pada pengembangan ekosistem layanan keuangan, OJK telah menandatangani rencana pembangunan gedung kantor baru bersama Otorita IKN yang dihadiri oleh Presiden RI pada 29 Februari 2024," tutur Mahendra lagi.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan rangkaian groundbreaking pembangunan layanan sektor jasa keuangan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan atau KIPP yang dilakukan oleh Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BPD Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara yakni Bank Kaltimtara serta BPJS Kesehatan. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru