Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Konawe Kepulauan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Komitmen Pengutamaan Bahasa Negara dan Pelestarian Bahasa Daerah

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 05 Maret 2024 - 16:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng menegaskan komitmennya dalam pengutamaan bahasa negara serta pelestarian bahasa daerah.

 Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Herson B. Aden menyampaikan komitmen tersebut dituangkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2022.

Perda yang telah disahkan ini berfokus pada pembinaan Bahasa Indonesia dan pelestarian bahasa dan sastra daerah di Provinsi Kalteng.

“Perda tersebut bukti nyata sinergi antara Pemerintah Daerah dan UPT pusat di daerah dapat berjalan baik, semata-mata demi mewujudkan pengutamaan bahasa negara,” tutur Herson dalam keterangannya saat diskusi Pembinaan Lembaga dalam Pengutamaan Bahasa Negara di Palangka Raya, Senin, 4 Maret 2024.

Ia mengingatkan aturan tersebut perlu mendapatkan ratifikasi menjadi produk perundang-undangan yang lebih operasional, seperti peraturan bupati/wali kota agar bisa berdampak dan efektif penerapannya.

“Namun pemerintah baik pusat maupun daerah tidak bisa bekerja sendiri. Pengutamaan Bahasa Negara mutlak memerlukan partisipasi dan sinergi semua elemen masyarakat,” ungkapnya. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru