Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Merauke Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sugianto Batal Jadi Inspektur Upacara HUT Kalteng

  • Oleh Testi Priscilla
  • 19 Mei 2016 - 21:58 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran dan Habib Said Ismail (SOHIB), lagi-lagi diundur. Bila pada Rabu (18/5/2016) diinformasikan pelantikan kemungkinan besar bakal digelar 24 Mei 2016, perkembangan terbaru menyebutkan pelantikan akan digelar 25 Mei 2016.

Informasi ini disampaikan Penjabat Gubernur Kalteng, Hadi Prabowo kepada sejumlah wartawan di Kantor Gubernur Kalteng, di Palangka Raya, Kamis (19/5/2016). Hadi sengaja mengundang wartawan untuk menyampaikan informasi terbaru ini.

"Baru saja saya ditelepon Dirjen Otonomi Daerah, Kemendagri dan disampaikan bahwa pelantikan gubernur dan wakil gubernur Kalteng digeser menjadi tanggal 25 Mei 2016," ungkap Hadi.

"Alasan digesernya (hari pelantikan) saya tidak tahu. Ini info dari Kemendagri. Pelantikannya bersamaan dengan Gubernur Sumatra Utara, Riau, dan Wagub DIY," tambah Hadi.

Tak ubah upacara HUT Kalteng

Dengan mundurnya jadwal pelantikan SOHIB, jadwal upacara puncak HUT ke-59 Kalteng, akan digelar pada 23 Mei, seperti tahun-tahun sebelumnya. Semula, upaca HUT Kalteng akan ditunda pada 25 Mei 2016, jika SOHIB jadi dilantik 24 Mei 2016. Hadi Prabowo mengaku sudah mengomunikasikan masalah ini dengan Gubernur Terpilih, Sugianto Sabran. 

"Kemarin rencananya Pak Sugianto akan menjadi inspektur upacara hari jadi Kalteng. Makanya upacara yang semula tanggal 23 Mei kita pindah menjadi 25 Mei, setelah pelantikan. Tapi ternyata pelantikan digeser lagi, sehingga upacara hari jadi tetap tanggal 23, dan tetap penjabat gubernur yang menjadi inspektur upacara," jelas Hadi.

Penundaan pelantikan ini juga berpengaruh pada persiapan acara penyambutan dan syukuran pasangan gubernur dan wakil gubernur baru. Menurut Sekretaris Daerah Kalteng, Siun Jarias, pihaknya masih akan membicarakan ulang masalah ini. 

"Kita bicarakan lagi. Apakah disambut di Jakarta atau seperti rencana penyambutan awal, langsung di Kobar, nanti kita bahas lagi," jelas Siun. 

Penundaan pelantikan ini memperpanjang daftar perubahan rencana pelantikan SOHIB. Dari yang semula disebut akhir Maret, April, hingga Mei. Di bulan Mei saja, setidaknya sudah ada tiga jadwal yang bergeser. Dari semula sempat disebut tanggal 19, menjadi 24, kini tanggal 25. (TESTI PRISCILLA/B-10)

Berita Terbaru