Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Auditor Madya BPKP Kalteng Tekankan Akuntabilitas Kinerja

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 03 April 2024 - 23:11 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Auditor Madya Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Kalimantan Tengah, Cucu Supangkat mengingatkan akuntabilitas kinerja.

“SAKIP adalah rangkaian sistematik dari berbagai aktifitas, alat, dan prosedur,” ungkapnya saat rangkaian workshop implementasi AKIP di Inspektorat Kalteng, Selasa, 2 April 2024.

Ia menegaskan SAKIP dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasifikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah.

“(Semua itu) dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah,” bebernya.

Cucu Supangkat menyampaikan saat melakukan Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) harus memperhatikan berbagai hal.

Mulai dari menggali permasalahan Perangkat Daerah sesuai tugas dan fungsinya, menyusun program dan kegiatan berdasarkan permasalahan.

Kemudian, menentukan indikator program dan kegiatan, dan penuangan tujuan, sasaran, strategi dan arah kebijakan Perangkat Daerah harus bisa mencapai sasaran Perangkat Daerah. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru