Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kementan Gaungkan Pertanian Lahan Rawa di Kalteng

  • Oleh Marini
  • 04 April 2024 - 00:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya -Optimalisasi Lahan Rawa merupakan salah satu upaya Kementerian Pertanian dalam melakukan akselerasi penanganan darurat pangan dengan beberapa program dan kegiatan yang dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian Andi Nur Alam Syah mengatakan pihaknya berkomitmen untuk mewujudkan kemadirian pangan.

Salah satunya, adalah dengan optimalisasi lahan rawa sebagai lahan suboptimal untuk pertanian produktif.

"Menjadikan lahan rawa sebagai penjamin ketersediaan pangan masa depan, ditengah pesatnya pertumbuhan penduduk. Salah satu upaya Kementerian Pertanian dalam melakukan akselerasi penanganan darurat pangan," katanya, Rabu, 3 April 2024.

Menurutnya, optimalisasi lahan rawa adalah bagian dari komitmen pemerintahan Jokowi-JK untuk menjaga kebutuhan pangan kita dengan meningkatkan produktivitas pertanian. "Bahkan, untuk visi yang lebih besar yakni lumbung pangan dunia di 2045," jelasnya.

Potensi lahan rawa ini lebih luas dibandingkan lahan sawah irigasi. Pemanfaatan lahan rawa saat ini dapat diatasi dengan pengelolaan tata air dan teknologi penataan lahan. (MARINI/R)


TAGS:

Berita Terbaru