Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kaspersky Bagikan Tips Hindari Penipu Online di Musim Liburan

  • Oleh ANTARA
  • 13 April 2024 - 14:50 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Musim liburan telah tiba, dan bersamaan dengan semangat liburan tersebut, penipu online juga semakin aktif.

Salah satu penipuan yang kerap terjadi adalah saat pembelian tiket perjalanan maupun reservasi hotel. Banyak oknum yang memanfaatkan momen tersebut untuk melakukan tindak penipuan.

Kaspersky membagikan sejumlah tips terhindar dari penipu online agar perjalanan selama musim liburan menjadi semakin aman dan nyaman.

Pertama, saat membeli tiket perjalanan serta memesan hotel dan apartemen, gunakan hanya situs web yang mempunyai reputasi baik.

Jika memungkinkan, belilah tiket langsung di situs maskapai perjalanan terkait. Mungkin sedikit lebih mahal, tapi selalu lebih aman.

Lalu, jangan terkecoh dengan janji hadiah atau harga murah yang tidak masuk akal. Selalu menaruh curiga agar Anda tidak terjerumus dalam perangkap penipu.

Selain itu, periksa dengan cermat alamat situs yang dibuka. Cek berulang kali URL halaman sebelum memasukkan informasi penting apa pun di sana, seperti nama pengguna dan kata sandi, nomor kartu pembayaran, dan lainnya.

Jangan pernah membagikan nomor reservasi kepada siapa pun, atau mengunggah foto tiket dengan kode tertentu di media sosial.

Beberapa hari sebelum tanggal keberangkatan, periksa semua pemesanan yang dibuat untuk perjalanan tersebut.

Jika ada masalah dengan reservasi, lebih baik diselesaikan terlebih dahulu, bukan di meja check-in bandara, resepsionis hotel atau lainnya.

Berita Terbaru