Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Nilai Tukar Nelayan Kalteng Alami Kenaikan Pada Penangkapan Perairan Umum

  • Oleh Testi Priscilla
  • 22 April 2024 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Badan Pusat Statistik atau BPS Provinsi Kalimantan Tengah, Eko Marsoro mengatakan bahwa Nilai Tukar Nelayan atau NTN Kalteng mengalami kenaikan, terutama pada kelompok penangkapan perairan umum.

"Pada Maret 2024, NTN mengalami kenaikan sebesar 0,39 persen," kata Eko pada Senin, 22 April 2024.

Kenaikan ini menurut Eko disebabkan karena kenaikan Indeks harga yang diterima oleh petani atau It sebesar 1,11 persen yang lebih tinggi dibanding kenaikan Indeks Harga yang Dibayar oleh Petani atau Ib yang hanya sebesar 0,70 persen.

"Kenaikan It disebabkan oleh naiknya indeks harga produksi pada kelompok penangkapan perairan umum seperti baung, papuyu, dan papuyu/betok sebesar 0,69 persen," tuturnya.

Selain itu, lanjut Eko, kelompok penangkapan laut yakni udang laut dan rajungan juga mengalami peningkatan sebesar 1,56 persen.

"Adapun kenaikan Ib sebesar 0,70 persen disebabkan oleh kenaikan dua indeks penyusunnya yaitu, indeks kelompok indeks kelompok konsumsi rumah tangga atau KRT sebesar 0,97 persen dan indeks kelompok Biaya Produksi dan Penambahan Barang Modal atau BPPBM sebesar 0,20 persen," katanya lagi. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru