Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

SK Pengakuan dan Perlindungan MHA Pinang Diserahkan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 22 April 2024 - 16:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pj Bupati Kapuas Erlin Hardi yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kapuas Salman telah melakukan penyerahan SK pengakuan dan Perlindungan Masyarakat Hukum Adat (MHA) Pinang di Desa Pinang,  Kecamatan Mandau Talawang, Kabupaten Kapuas.

Kegiatan tersebut juga berlanjut pada penandatanganan nota kesepakatan antar kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas tentang dukungan program kegiatan di Kabupaten Kapuas dan Penyerahan piagam Partisipasi Program Kampung Iklim (PROKLIM).

Salman mengatakan dengan adanya MHA diharapkan dapat mengelola serta memanfaatkan SDA yang sudah ada untuk kesejahteraan masyarakat, menjaga dan melindungi hutan dari kerusakan agar tetap terjaga kelestarian SDA, sehingga dapat dinikmati oleh generasi yang akan datang.

“Sebagai generasi penerus, perlu adanya penerapan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah sehingga anak – anak sejak dini sudah dibiasakan untuk ikut serta menjaga dan mengelola lingkungan dan sekitar, serta menerapkan perilaku ramah lingkungan hidup,” katanya, Senin, 22 April 2024.

Lebih lanjut dirinya mengatakan Proklim adalah program berlingkup nasional yang dikekola oleh kementerian lingkungan hidup dan kehutanan dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarkaat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan oenguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penuruan emisi gas rumah kaca.

Diharapkan dengan pelaksanaan Proklim dapat menumbuhkan kemandirian masyarkat dalam melaksanakan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim termasuk menjaga nilai-nilai kearifan tradisional (lokal) yang dapat mendukung Upaya penanganan dan pengendalian kerusakan lingkungan secara umum,” ujarnya. (DODI/H)

Berita Terbaru