Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Kunjungi Sentra Perikanan di Sei Ijum Raya

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 23 April 2024 - 07:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor meninjau sentra perikanan di Desa Sei Ijum Raya, Kecamatan Mentaya Hilir Selatan, Senin, 22 April 2024.

"Saya juga meninjau lokasi rencana pembangunan pabrik es balok. Karena selama ini yang saya terima keluhan nelayan kekurangan es balok," kata Halikinnor.

Di desa tersebut terdapat 3 rencana pemerintah daerah untuk mengembangkan perikanan di Kotim yaitu pabrik es balok, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN), dan pabrik pakan ikan.

Tiga kegiatan tersebut untuk menjawab keluhan nelayan mengenai kurangnya es balok untuk mengawetkan ikan hasil tangkapan, pemenuhan bahan bakar subsidi untuk nelayan dan menekan harga pakan ikan yang selama ini didatangkan dari luar daerah. 

Pembangunan pabrik balok es akan dimulai tahun ini, mesin pun telah dipesan dan memerlukan waktu 5 bilan untuk perakitan.

Sementara pabrik pakan ikan telah berdiri dan mesin telah disiapkan di kantor Dinas Perikanan Kotim namun sengaja belum dipasang. Pabrik pakan ikan tinggal menunggu pemasangan listrik PLN untuk operasional.

Tepat di Sungai Mentaya bersebelahan dengan pasar ikan di sentra perikanan tersebut juga berdiri Pelabuhan Sei Ijum yang dibangun oleh pemerintah pusat.

"Semoga pabrik es balok, pabrik pakan ikan, SPBN dan pelabuhan segera berjalan sehingga keluhan masyarakat kita khususnya nelayan akan terjawab dan teratasi," tandasnya. (DEWI PATMALASARI/Y)

Berita Terbaru