Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Pesisir Barat Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disperindagsar Kotawaringin Timur Gandeng Satpol PP Tertibkan Pasar Dadakan

  • Oleh Rafiuddin
  • 01 Juni 2016 - 07:40 WIB

BORNOENEWS, Sampit - Dinas Perindustrian Perdagangan dan Pasar (Disperindagsar) Kabupaten Kotawaringin Timur segera menertibkan pasar dadakan yang belakangan ini terus menjamur di daerah itu. Untuk menertibkan itu, Disperindagsar akan menggandeng Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat.

'Ini sudah dirapatkan, Pak Bupati langsung perintahkan kepada kami untuk menertibkan semua pasar dadakan di Sampit,' kata Kepala Disperindagsar Kotim, Mudjiono, Selasa (31/5/2016).

Sebelum  penertiban, pemerintah akan memberikan surat edaran kepada para pedagang pasar dadakan. Selain membuat surat edaran kepada pedagang agar tidak lagi berjualan, Bupati Kotim menginstruksikan kepada semua camat dan lurah agar tidak memperbolehkan lagi pedagang dadakan ini berjualan.

'Bupati juga memerintahkan camat-camat agar pasar dadakan ini ditiadakan lagi,' katanya.

Mudjiono mengatakan, keberadaan pasar dadakan ini terus menjadi keluhan para pedagang di pasar-pasar tradisional di Sampit, seperti beberapa waktu lalu saat Bupati Kotim Supian Hadi melakukan inspeksi mendadak di Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM). Pada pedagang di pasar itu mengeluhkan kurangnya pengunjung karena menjamurnya pasar dadakan di setiap kampong dan RT.

'Saat bapak bupati ke pasar PPM beberapa waktu lalu rata-rata pedagang mengeluh kurang omset. Mereka ini pedagang resmi yang membayar pajak dan retribusi ke daerah, sementara pedagang di pasar dadakan kita ketahui tidak resmi, mereka hanya membayar jasa keamanan dan kebersihan ke RT setempat. Makanya pak bupati memerintahkan untuk segera menertibkan pedagang pasar dadakan ini,' katanya.

Keberadaan pasar dadakan di kampung-kampung juga memicu terjadinya kemacetan lalulintas, sehingga rawan terjadi kecelakaan.

Selain akan menertibkan pasar dadakan, pasar tumpah di jalan iskanr depan PPM Sampit juga akan ditertibkan. Keberadaan pasar tumpah itu dinilai sangat menganggu arus lalulintas kendaraan, sehingga terjadi kemacetan di depan pasar PPM Sampit.

'Jalan Iskandar tidak boleh lagi ada pasar tumpah, nanti kami akan koordinasi dengan Satpol PP untuk menertibkan pasar itu. Mereka ini dagang memakan badan jalan makanya setiap hari Jalan Iskandar macet,' ujar Mudjiono.

Penertiban pasar dadakan dan pasar tumpah di Jalan Iskandar rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat. (RAFIUDIN/m)

Berita Terbaru