Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tiga Dimensi Pembentuk IKG Kalteng Tahun 2018-2023 Masih Perlu Perbaikan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 17 Mei 2024 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketiga dimensi pembentuk Indeks Ketimpangan Gender atau IKG Kalimantan Tengah tahun 2018--2023 masih perlu perbaikan.

"IKG Kalteng tahun 2018--2023 secara konsisten masih menunjukkan perlu adanya perbaikan," kata Kepala Badan Pusat Statistik atau BPS Provinsi Kalteng, Eko Marsoro pada Jumat, 17 Mei 2024.

Menurut Eko, masih diperlukan perbaikan pada dimensi kesehatan reproduksi dan dimensi pemberdayaan. 

"Sementara itu, dimensi pasar tenaga kerja semakin setara," tuturnya lagi.

Secara spasial, lanjut Eko, ketimpangan gender mengalami penurunan di sebagian besar kabupaten/kota di Kalimantan Tengah.

Penghitungan IKG menurut Eko mengadopsi penghitungan Gender Inequality Index atau GII dari United Nations Development Programme atau UNDP dengan beberapa penyesuaian. Indikator Angka Kematian Ibu atau AKI yang tidak tersedia secara kontinu setiap tahun didekati dengan indikator proporsi perempuan 15–49 tahun yang melahirkan hidup tidak di fasilitas kesehatan atau MTF.

Penggunaan indikator MTF sebagai proksi didasari oleh pertimbangan bahwa indikator tersebut memiliki korelasi yang kuat dengan indikator AKI dan tersedia di tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten/kota secara rutin setiap tahun.

Di samping itu, lanjutnya, persalinan di fasilitas kesehatan dapat menekan risiko kematian ibu dalam melahirkan sehingga diharapkan dapat menggambarkan capaian AKI. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru