Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tana Toraja Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sulit Penuhi Perintah Presiden Turunkan Harga Daging Rp80 Ribu

  • Oleh Koko Sulistyo
  • 31 Mei 2016 - 20:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Sulit memenuhi perintah Presiden Joko Widodo menurunkan harga daging sapi Rp80 ribu per kilogram menjelang Ramadan 2016. Harga daging sapi di Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Rp130 ribu per kilogram. Harga daging ini masih berpotensi naik. 

"Hingga H-7 Ramadan 2016 harga daging sapi masih tinggi dan bertahan dikisaran Rp130 ribu. Harga tersebut masih dimungkinkan naik legih tinggi," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Kotawaringin Barat (Kobar), Jahotler Lumban Gaol, di Pangkalan Bun, Selasa (31/5/2016). 

Sepertinya sulit memenuhi permintaan Presiden Joko Widodo agar harga daging sapi jadi Rp80 ribu per kilogram menjelang Ramadan 2016. Tetapi, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, di Padang, Sumatera Barat, Jumat (27/5/2016), optimistis bisa menjalankan perintah Presiden. Caranya dengan memenuhi pasokan daging dalam negeri melalui impor, yang dipercaya bakal menurunkan harga.

'Kami sudah rekomendasikan untuk impor daging sapi sebanyak 10.000 ton. Akan datang ke Jakarta dalam waktu satu atau dua minggu lagi,' ujar  Amran Sulaiman.

Di Pangkalan Bun, selain daging sapi, harga gula pasir juga merangkak naik. Di pasaran harganya sudah mencapai Rp17 ribu, dari semula hanya Rp12.500. Untuk itu, Disperindag Kobar terus melakukan operasi pasar hingga menjelang lebaran.

"Kalau harga lainnya seperti bawang cenderung turun, yang naik gula, untuk daging sapi masih stabil Rp130 ribu dan untuk mengendalikan harga tersebut kami akan terus lakukan operasi pasar," kata Jahotler. (KOKO SULISTYO/N).

Berita Terbaru