Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dimensi Pemberdayaan Masih Perlu Perbaikan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 18 Mei 2024 - 23:15 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dimensi pemberdayaan merupakan satu dari tiga dimensi pembentuk Indeks Ketimpangan Gender atau IKG Provinsi Kalimantan Tengah. Dimensi ini disebut masih perlu perbaikan.

"Dimensi pemberdayaan dibentuk oleh dua indikator yang dibagi menurut gender, yaitu persentase anggota legislatif dan persentase penduduk 25 tahun ke atas yang berpendidikan SMA ke atas," kata Kepala Badan Pusat Statistik atau BPS Provinsi Kalteng, Eko Marsoro pada Sabtu, 18 Mei 2024.

Pada tahun 2023, lanjut Eko, jumlah anggota parlemen perempuan menurun sebesar 4,44 persen dibandingkan tahun sebelumnya menjadi 28,89 persen.

"Sebaliknya, jumlah anggota parlemen laki-laki mengalami peningkatan menjadi 71,11 persen," tutur Eko lagi.

Kondisi ini menurutnya menyiratkan bahwa peran laki-laki dan perempuan dalam pengambilan keputusan menjadi kurang setara dibandingkan sebelumnya.

"Indikator selanjutnya dari dimensi pemberdayaan adalah persentase penduduk usia 25 tahun ke atas yang berpendidikan SMA ke atas," bebernya.

Indikator ini, katanya, mengalami kondisi berbeda pada tahun 2023.

"Persentase penduduk laki-laki usia 25 tahun ke atas yang berpendidikan SMA ke atas sebesar 34,40 persen, sedangkan perempuan sebesar 30,86 persen," jelasnya.

Dibandingkan dengan tahun 2022, tuturnya, kedua jenis kelamin menunjukkan kondisi yang berbeda, peningkatan 0,56 persen poin untuk perempuan dan penurunan 0,14 persen poin untuk laki-laki. (TESTI PRISCILLA/j)

Berita Terbaru