Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

TP-PKK Fasilitator Penggerak Partisipasi Masyarakat

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 20 Mei 2024 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kalteng, Ivo Sugianto Sabran mengingatkan peran timnya sebagai fasilitator penggerak partisipasi masyarakat.

Ivo mengingatkan syarat mutlak untuk kelangsungan suatu program, tidak cukup hanya dikelola oleh personil, tetapi pengelolaan suatu program, mutlak diwadahi pula dalam sebuah kelembagaan.

“Semua itu dimiliki oleh TP PKK. Pengurus/anggota TP PKK ini pada hakekatnya merupakan fasilitator, dan penggerak peran serta atau partisipasi masyarakat,” tutur Ivo saat Rapat Kerja Daerah di Gor Indoor Serbaguna, Palangka Raya, Senin 20 Mei 2024.

Ia menyampaikan peran PKK dalam penanganan dan penanggulangan stunting di Kalteng dengan meningkatkan kesadaran masyarakat melalui penggerakkan peran kader serta pengembangan/ pengorganisasian masyarakat.

Kegiatan TP PKK Provinsi Kalteng dalam rangka penanganan dan penanggulangan stunting 2020-2023 meliputi sosialisasi pola asuh anak dan remaja.

Kemudian, sosialisasi pencegahan perkawinan usia anak, kekerasan seksual dan pola asuh anak terkait stunting, pelatihan Ecoprint dalam rangka membantu peningkatan perekonomian keluarga.

Setelah itu, pelatihan berbagai keterampilan seperti membuat kue, menganyam purun, membuat olahan ikan dll. Ditambah dengan sosialisasi pemanfaatan pekarangan melalui HATINYA PKK.

Ditunjang dengan sosialisasi AKU HATINYA PKK, Pemberian stimulan benih dan bibit, sosialisasi pencegahan dan penanganan stunting.

Ditambah, Demo Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) dan pemberian stimulan peralatan operasional posyandu berupa timbangan bayi, alat ukur tinggi badan, masker, hand sanitizer, faceshield, susu dan biscuit. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru