Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Posyandu di Kalteng Ditargetkan Aktif 65 Persen di 2024

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 20 Mei 2024 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kalteng, Ivo Sugianto Sabran mengingatkan keaktifan posyandu Kalteng.

“Target Posyandu aktif Kalteng pada Tahun 2024 sebanyak 65 persen,” ungkap Ivo saat Rapat Kerja Daerah di Gor Indoor Serbaguna, Palangka Raya, Senin 20 Mei 2024.

Ivo menekankan beberapa hal terkait temuan-temuan hasil survei kajian yang dilakukan oleh BRIN dalam pelaksanaan Percepatan Penurunan Stunting (PPS).

Diantaranya seperti pentingnya Koordinasi diantara Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) yang terdiri dari OPD Kabupaten/kota, pentingnya konsistensi atas komitmen dari Kabupaten/kota terhadap upaya percepatan penurunan stunting.

Kemudian, optimalisasi Petugas TPK dalam penanganan kasus stunting dan pencegahan terjadinya stunting serta upaya bersama dalam pendewasaan usia perkawinan untuk kesiapan para pasangan yang akan menikah.

Dia merekomendasikan dalam pelaksanaan PPS dilakukan penguatan koordinasi pemerintah daerah provinsi, penguatan konvergensi intervensi spesifik dan sensitive.

Termasuk, penguatan peran pemerintah desa melalui dukungan peningkatan dan pemanfaatan alokasi ADD serta pelibatan semua unsur pemerintah desa dalam PPS.

Peningkatan pemahaman terkait konsep dan pelaksanaan PPS bagi seluruh Anggota TPPS, optimalisasi peran Satgas PPS di tingkat provinsi maupun TA kabupaten/kota.

Ditunjang dengan, penguatan peran TPK melalui pelatihan/ refreshing pelatihan, peningkatan cakupan kunjungan ke Posyandu, optimalisasi pemanfaatan Data KRS dan pendekatan budaya kepada masyarakat untuk mengubah perilaku beresiko. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru