Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lomba Perahu Hias Ramaikan Suasana Sungai Kahayan

  • Oleh Marini
  • 21 Mei 2024 - 02:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Lomba Perahu Hias di Dermaga Flamboyan Palangka Raya, Senin, 20 Mei 2024. Memiliki tujuan untuk memperkenalkan Sungai Kahayan sebagai salah satu sungai terpanjang di Pulau Kalimantan. 

Sungai Kahayan memiliki luas mencapai 81,648 km2, panjang 600 km, lebar 500 meter dan kedalaman hingga 7 meter. 

Sungai inilah yang membelah Kota Cantik Palangka Raya, disebut juga dengan sungai Biaju Besar atau sungai Dayak Besar.

Memiliki keunikan karena terdapat wisata susur Sungai Kahayan. Yang mampu menarik pemandangan disekitar suasana kehidupan suku Dayak yang akan direkam oleh mata.

"Sungai ini memiliki wisata yang sangat menarik dan khas, Susur Sungai Kahayan itulah sebutannya. Lomba perahu hias ini dilaksanakan di Sungai Kahayan agar menunjukan kepada masyarakat luas dan dunia bahwa kita memiliki sungai yang ikonik," kata Plh Asisten Pemerintahan dan Kesra (Pemkesra) Setda Prov Kalteng Herson B Aden, Senin, 20 Mei 2024.

Setiap tahun lomba perahu hias pada Festival Budaya Isen Mulang atau FBIM sengaja digelar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng, yang dilaksanakan di area Flamboyan Bawah Palangka Raya, agar memberikan edukasi terhadap keindahan dan keunggulan alamnya.

"Objek wisata alam saat ini masih banyak digemari oleh para wisatawan. Pasalnya, pemandangan yang dihadirkan secara natural dan bentangan alam nan indah, tahun ini puluhan perahu hias bertanding lomba," tandasnya. (MARINI/H)

Berita Terbaru