Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Barito Utara Tandatangani NPHD Pengamanan Pilkada Serentak 2024

  • Oleh Ramadani
  • 21 Mei 2024 - 21:30 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KesbangPol) Barito Utara (Barut) melaksanakan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dengan Kepolisian Resor Barito Utara, Kodim 1013 Muara Teweh dan Sub Denpom XII/2-3 Muara Teweh.

Dalam rangka pengamanan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024, baik dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur maupun Bupati Dan Wakil Bupati Barito Utara, di aula Setda lantai I, Selasa, 21 Mei 2024.

Pj Bupati Barito Utara Muhlis menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah menggelar tahapan dan jadwal pilkada 2024 ,dengan regulasi yang sesuai aturan berlaku.

Dana hibah kepada Polres Barito Utara, Kodim 1013 Muara Teweh dan Sub Denpom XII/2-3 Muara Teweh dalam rangka pengamanan penyelenggaraan pilkada, yang telah diatur dalam Perbup Barito Utara Nomor 20 Tahun 2021, tentang tata cara penganggaran, pelaksanaan dan penatausahaan, pertanggungjawaban dan pelaporan serta monitoring dan evaluasi hibah dan bantuan sosial yang bersumber dari APBD tahun anggaran 2024.

“Anggaran penyediaan dana hibah kegiatan pengamanan pilkada yang dibebankan pada APBD Kabupaten Barito Utara tahun 2024 dengan rincian hibah untuk Kepolisian Resor Barito Utara sebesar Rp 6.000.000.000,-, Kodim 1013 Muara Teweh sebesar Rp 3.046.000.000,- dan untuk Subdenpom XII/2-3 Muara Teweh sebesar Rp 107.560.000,-,” kata Muhlis.

Muhlis juga menjelaskan, dana hibah kepada Kepolisian Resor Barito Utara, Kodim 1013 Muara Teweh dan Sub Denpom XII/2-3 Muara Teweh disalurkan dalam satu kali pencairan dan dicairkan paling lambat 14 hari kerja setelah penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) ini.

Dikatakannya, dengan ditandatanganinya Naskah Perjanjian Hibah Daerah ini yang merupakan komitmen dan keseriusan Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam mewujudkan keamanan pelaksanaan pemilihan kepala daerah agar dapat terlaksana sesuai dengan tahapan  yang telah disusun oleh KPU Kabupaten Barito Utara.

“Kepada penerima dana hibah pengamanan Pilkada Serentak tahun 2024 agar nantinya dapat mempergunakan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaannya sesuai dengan Peraturan Bupati Barito Utara nomor 20 tahun 2021 tentang tata cara penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pertanggungjawaban dan pelaporan serta monitoring dan evaluasi hibah dan bantuan sosial,” ucap Muhlis.

Pj Bupati juga berharap sinergitas antara Pemerintah Kabupaten Barito Utara dengan penyelenggara Pemilu dan aparatur pengamanan Pilkada agar terus dapat ditingkatkan. “Sehingga semua rangkaian tahapan pemilihan kepala daerah Gubernur, Wakil Gubernur dan bupati, wakil bupati terselenggara dan terlaksanakan dengan baik dan lancar,” pungkasnya. (RAMADHANI/H)

Berita Terbaru