Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kontingen Bartim Juara II Lomba Mangenta pada Festival Budaya Isen Mulang

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 21 Mei 2024 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kontingen Kabupaten Barito Timur meraih juara II lomba mangenta pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Provinsi Kalimantan Tengah di Palangka Raya.

Selain itu Kontingen Barito Timur juga meraih juara harapan untuk lomba habayang.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga atau Disbudparpora Barito Timur, Herawani, menjelaskan pada hari pertama, Minggu, 19 Mei 2024, Kontingen Barito Timur mengikuti pawai budaya, dilanjutkan lomba habayang, lomba mangenta dan lomba base kambe pada hari kedua.

“Dari kegiatan FBIM yang sudah diikuti, Kontingen Barito Timur meraih juara harapan pada lomba habayang dan juara II lomba mangenta. Untuk lomba base kambe kita harus mengakui keunggulan kabupaten lain,” ujar Herawani dalam keterangannya, Selasa, 21 Mei 2024.

Dia melanjutkan, pada hari ini Kontingen Barito Timur akan mengikuti lomba malamang dan lomba tari pesisir.

“Kami mohon dukungan dan doa dari masyarakat Barito Timur semoga hari ini Kontingen Barito Timur mendapatkan juara pada lomba malamang dan tari pesisir," pintanya.

Diketahui Festival Budaya Isen Mulang merupakan kegiatan tahunan dalam rangka menyambut Hari Jadi Provinsi Kalimantan Tengah. Festival tahun ini diadakan untuk merayakan Hari Jadi ke-67 Kalteng.

Isen Mulang berasal dari bahasa Dayak Ngaju yang berarti pantang mundur. Dalam festival ini ditampilkan keanekaragaman budaya di se-Kalimantan Tengah yang dikemas dalam bentuk karnaval dan berbagai lomba seperti balogo, manewang, manetek, manyila kayu, karungut, sepak sawut, besei kambe, malamang, mangenta dan lainnya. (BOLE MALO/H)

Berita Terbaru